1.595 Mahasiswa Universitas Galuh Diwisuda

by -10 views

Ciamis – Sebanyak 1.595 orang mahasiswa Universitas Galuh Ciamis mengikuti wisuda, di Auditorium Unigal, Sabtu (21/9/2019). Wisudawan tersebut dari program Strata Satu (S-1) sebanyak 1.282 orang, Program Profesi 37 orang, program Diploma Tiga (D3) 21 orang dan 232 orang dari Program Strata Dua (S2).

Rektor Universitas Galuh Ciamis Dr. H. Yat Rospia Brata menuturkan dari 1.598 wisudawan tersebut sebanyak 265 orang atau 17% diantaranya memperoleh predikat cumlaude.

“Perkembangan yang terjadi di kampus tercinta ini sangat banyak. Bahkan ada beberapa mahasiswa yang mengikuti transfer kredit di Perguruan Tinggi Thailand,” ucapnya.

Yat mengatakan untuk akselerasi proses belajar di masyarakat sekaligus mengintegrasikan gerak langkah guna membawa nama baik Universitas Galuh Ciamis pihaknya berharap wisudawan dapat bergabung dengan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unigal.

“Dengan aktif di IKA wisudawan akan terus menjaga kesinambungan tali silaturahmi antar alumni dengan Universitas Galuh dan berperan serta dalam membesarkan nama almamater,” jelasnya.

Dalam perkembangannya lanjut Yat Universitas Galuh Ciamis telah menjalin kerjasama dengan 17 perguruan tinggi terkemuka di Asia dan Eropa. Bahkan puluhan mahasiswa dengan IPK > 3,5 mendapat beasiswa dari BUMN.

“Selain itu kinerja penelitian dan pengabdian dosen Unigal juga menunjukkan peningkatan yang signifikan, dimana tenaga akademik kami mampu berkompetisi dengan dosen dari perguruan tinggi lain,” terangnya.

Yat berharap lulusan dari Universitas Galuh Ciamis bisa menjadi bagian dari masyarakat dengan menjadi pelopor dan motor penggerak kemajuan bangsa.

“Tantangan terberat alumni adalah kemampuan untuk berada paling depan dalam perubahan era Revolusi Industri 4.0 dimana sektor ekonomi dan tenaga kerja tidak hanya tergantung kepada jumlah tenaga manusia tetapi lebih menekankan kepada pola digital ecomony, artificial inteligence, big data, teknik robotik dan teknologi milenial lainnya yang lebih dikenal sebagau fenomena disruptive innovation,” pungkasnya. (Ayu/Nolduanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.