17 Warga Binaan Gelar Aksi Kebersihan di Masjid Agung Ciamis

Foto bersama petugas lapas dengan warga binaan di halaman Masjid Agung Ciamis. (foto:Rey/NDNews)

CIAMIS-Sebanyak 17 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan kelas II B Ciamis melakukan aksi bersih – bersih di halaman Mesjid Agung Ciamis, Senin (17/4/2017). Tujuannya agar para warga binaan bisa kembali bersosialisasi dengan masyarakat luar.

Aksi bersih – bersih ini juga dilakukan untuk mengubah mindset masyarakat tentang Lapas yang identik dengan tempat yang dihuni oleh para pelaku kejahatan. Selain itu, tujuannya untuk mengintegrasikan pengenalan kembali warga binaan dengan masyarakat luar.

“Kegiatan bakti sosial ini, tujuannya agar warga binaan bisa bersosialisasi dengan masyarakat luar. Karena bagaimanapun warga binaan juga manusia yang butuh bersosialisasi,” ujar Kepala Lapas Kelas II B Ciamis Gumilar Budi Rahayu.

Lebih lanjut, 17 warga binaan ini tidak lama lagi akan kembali ke tengah-tengah masyarakat. Sehingga perlu ada penyesuain kembali dengan lingkungan. Minimal dengan adanya bersih-bersih di fasilitas umum, warga binaan bisa menyesuaikan diri sebagai gambaran agar bisa kembali berbaur dengan lingkungan tempat tinggal

Kata dia, tidak dipungkuri berbicara Lembaga Persyarakatan (Lapas), masyarakat lebih berpikir kepada para pelaku kejahatan. Namun dengan adanya kegiatan bersih-bersih ini masyarakat berpikir bahwa Lapas tempat pembinaan.

Sehingga para warga binaan ini tidak kembali melakukan perbuatan kejahatan dan mampu bersosialisasi kembali dengan masyarakat. Sekaligus diberi bekal keterampilan untuk bekal hidup setelah kembali ke lingkungan masyarakat.

“Dengan aksi ini diharapkan adanya semangat warga binaan sehingga bisa tumbuh jiwa sosial dan berguna untuk lingkungannya masing – masing,” ungkapnya. (Rey/ND news.com)