Diburu Jelang Lebaran, Cemilan “Khania” Rajadesa, Produksi Makanan Khas Ciamis

by -

Cemilan “Khania” Rajadesa, Produksi Makanan Khas Ciamis (Foto : Befi)

CIAMIS – Pesanan makanan ringan khas ciamis pada saat bulan ramadhan ini meningkat cukup drastis apalagi menjelang idul fitri nanti.

Jenis makanan ringan khas ciamis seperti kue bolu kijing, kue cuhcur, keripik singkong, keripik pisang, saroja dan masih banyak lagi.

Produksi makanan rumahan ini sangat di minati sebagai cemilan khas ciamis dan juga untuk oleh-oleh untuk di berikan kepada sodara yang berkunjung ketika lebaran.

Di Desa Tigaherang Kecamatan Rajadesa terdapat pembuat makanan ringan yang cukup digemari yaitu cemilan Khania.

Disana menjual berbagai makanan ringan seperti kue cuhcur, bolu kijing, berbagai keripik dan masih banyak lagi.

Produksinya masih di bilang kecil-kecilan namun pemesanan nya terus meningkat apalagi bulan suci ramadhan.

Cemilan Khania yang mulai berproduksi sejak tahun 2012 itu hanya mengirim produknya ke warung-warung terdekat saja, namun banyak juga yang memesan langsung ke rumah.

Disadari bahwa dari segi pemasaran yang menjadi permasalahan utama. Karena berada wilayah pedesaan belum begitu menggunakan pemasaran online.

Dijumpai di rumah produksi di Dusun Desa rt06 rw 03 Desa Tighaerang Kecamatan Rajadesa, Ibu Oyoh Rokayah(52) mengaku pesanan di setiap bulan ramadhan itu selalu meningkat.(30/04/20)

“Pesanan di bulan puasa memang selalu meningkat setiap tahun nya. Terutama pesanan yang datang langsung ke rumah”,singkatnya.

Ibu oyoh juga menjelaskan dari segi pemasaran belum menggunakan media online hanya menggunakan No Hp atau hanya informasi yang berkembang di masyarakat.

“Jadi kebanyakan yang pesan di bulan puasa itu yang langsung ke rumah saja. Kami belum sampai pada pemesanan online. Hanya mengirim ke warung-warung terdekat saja”,ungkapnya.

Kedepannya insyalloh ia menyebutkan akan mengembangkan pemasaran melalui online karena banyak yang mengatakan lebih praktis dan mudah. Untuk pemesanan saat ini bisa melalui telpon,SMS atau Whatsapp.

“Mungkin kedepannya saya ingin memasarkan produk kami melalui media online, karena banyak yang mengatakan lebih mudah dan praktis . Untuk sekarang bisa memesan dengan telpon, SMS atau whatsapp di nomor 08128311732”,pungkasnya. (Befi/nolduanews)