Laboratorium Hidroponik Sukaraja Ujicoba Tanam Sayuran

by -

Laboratorium Hidroponik Sukaraja Ujicoba Tanam Sayuran

Kabupaten Tasikmalaya –
Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan  menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman. Media yang digunakan untuk tempat penanaman pun bisa apa saja, termasuk bahan bekas buang. Dan sistim hidroponik sendiri tidak perlu lahan yang luas. Sangat efektif dan efisien.

Budidaya menanam tanpa menggunakan tanah saat ini tengah di uji cobakan dihalaman kantor Kecama tan Sukaraja.

Dikatakan Camat Sukaraja, H.E Agus Muslim, S.Pd.,MSi, Pembuatan laboratorium hidroponik merupakan insipirasi Penyuluh Pertanian dan kelompok Tani yang ada di Sukaraja.

Agus juga menjelaskan dibangunnya Laboratorium itu sebagai uji coba pengembangan tanaman sayur mayur dengan menggunakan metode hidroponik.

“Dengan adanya laboratorium hidroponik yang nantinya ditanami sayur mayur ini,  semoga bermanfaat dan bisa di ikuti kepala desa lainnya. Dengan tanaman hidroponik ini warga bisa termotivasi untuk bertanam sayur mayur di pekarangan yang sempit sekalipun,” imbuh Agus.

PPL Sukaraja, Asep mengatakan, Laboratorium Hidroponik ini merupakan kali pertama di Kecamatan Sukaraja. Budidaya penanamannya pun tidak ribet, terfokus pada  pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman itu sendiri. Dan media yang dipakai pada tanaman hidroponik ini bisa menggunakan bahan bekas yang ada disekeliling kita.

“Cara penanamannya dengan memanfaatkan air tanpa mengguna kan tanah.Namun pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman harus lebih diperhatikan. Saat ini kita uji  cobakan dulu pada penanaman sayur mayur,” ujar Asep dilokasi.

Ditempat sama, Ketua kelompok Tani Baraya, Parungkadongdong, Firman mengatakan, kelompoknya juga saat ini sedang menggalakan penanaman sayur mayur.

“Tempat penanaman untuk bibit sayuran menggunakan bahan  yang ada, semisal menggunakan bekas Aqua, ember dan bahan lainnya yang sekiranya bisa dipergunakan,” pungkas Firman.
** ( Rusdianto/ Nolduanews.com)