Pemuda Tani Desa Sukapura Sukaraja Tasikmalaya Manfaatkan Lahan Tidur Tanam Cabe Rawit

by -

Pemuda Tani Sukapura Sukaraja Tasikmalaya Manfaatkan Lahan Tidur Tanam Cabe Rawit (Foto : Rusdianto)

Kabupaten Tasikmalaya – Puluhan pemuda di kampung Cipancur – Tarikolot,  Desa Sukapura Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya memanfaatkan lahan tidur milik H. Asop yang  selama ini terlantar dengan menanam cabe rawit. Mereka tergabung dalam Gapoktan Bahtera Tani Sukapura

Ketua Gabungan Kelompok Tani Bahtera Tani Herman ( 53) mengata kan,  optimalisasi lahan tidur dengan penanaman cabe rawit sebagai sarana untuk memotivasi pemuda tani untuk kembali bertani.

“Generasi muda di kampung ini sangat kurang. Dengan adanya pemanfaatan lahan tidur untuk dijadikan area pertanian setidaknya sebagai bentuk motivasi bagi generasi tani khususnya dikampung ini untuk kembali bertani daripada menganggur. Mencetak generasi pemuda tani untuk terjun sebagai petani,” terang Herman .

Herman menambahkan, pembukaan area pertanian untuk ditanami cabe rawit mendapat dukungan penuh dari BPP dan Pemerintah Desa Sukapura. Bahkan kedepannya, lahan tidur ini bukan hanya di tanami cabe rawit tapi juga bakal ditanami Pepaya Calipornia dan Daun Bawang. Anggota Bahtera Tani seluruhnya berjumlah 42 orang.

” Anggota tani yang produkif setiap hari yang mengelola cabe rawit cuma 6 orang dan 20 anggota lainnya  seminggu sekali.jadi kendala yang paling penting terletak pada kurang termotivasinya anggota, kurangnya  SDM” kata Herman.

Sementara itu, Pemanfaatan lahan tidur yang berada dibukit lembah  Sabda tak jauh dari curug Arintem, di kampung Cipancur – Tarikolot,  Desa Sukapura Kecamatan Sukaraja itu sebagai uji coba untuk dijadikan lahan pertanian kedepannya.

“Beberapa tahun lahan tidur ini tidak produktif, makanya penanaman cabe rawit dilahan ini merupakan yang pertama kalinya oleh Poktan Bahtera Tani,” ujarnya.
** ( Rusdianto/Nolduanews.com)