Gerakan Ayo Kuliah Anak KPM, PKH Ciamis Gandeng STMIK Tasikmalaya

by -

Gerakan Ayo Kuliah Anak KPM, PKH Ciamis Gandeng STMIK Tasikmalaya

Ciamis – Pelaksana Program Keluarga Harapan (PPKH) Kabupaten Ciamis kembali menggelar sosialisasi ‘Gerakan Ayo Kuliah’ bagi anak Keluarga Penerima Maanfaat (KPM PKH) yang akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

Kali ini PKH Ciamis menggandeng Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer, Yayasan Digitaloka (STMIK-DCI) Tasikmalaya, berkolaborasi untuk sama-sama membantu dan mempasilitasi para anak KPM untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

Ketua pelaksana kegiatan yang juga sebagai Koordinator PKH Kabupaten Ciamis wilayah 1, Indra Maulana, S.Ip.,MM mengatakan, gerakan ayo kuliah merupakan bagian dari program Gerakan Kembali Sekolah Kembali Belajar (G-KSKB) PKH Ciamis sebagai salah satu upaya edukasi dan motivasi KPM PKH beserta anak-anaknya untuk bisa melanjutkan pendidikan.

“Hari ini kami bersama STMIK-DCI Tasikmalaya melaksanakan sosialisasi G-KSKB kepada 176 anak KPM PKH lulusan SMA/Sederajat, bertujuan untuk memberikan edukasi dan motivasi membantu para anak KPM agar dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi” kata Indra, Senin (3/8/2020), di Gedung Pramuka Ciamis, Jl. Ahmad Yani, Kertasari Ciamis.

Indra menuturkan, melalui Gerakan Ayo Kuliah, dilakukan serangkaian pembinaan bagi siswa-siswi SMA/SMK/MA/Sederajat dari anak KPM PKH melalui pemetaan data peserta, melakukan edukasi dan motivasi, pelaksanaan pendampingan hingga kuliah.

“Selain memberikan sosialisasi, kami juga melakukan kesepakatan antara PKH Ciamis bersama STMIK-DCI Tasikmalaya dengan penandatanganan surat perjanjian kerjasama dan menyerahkan dokumen pendaftaran calon mahasiswa anak KPM PKH Ciamis sampai masuk kuliah hingga bisa bekerja” tuturnya.

Indra menambahkan, pihaknya juga akan membantu mempasilitasi para anak KPM yang sudah masuk perguruan tinggi dalam mendapatkan bantuan komplementer lainnya dari pemerintah.

“Kami juga ikut serta mengupayakan bantuan komplementaritas lainnya dari pemerintah seperti mendapat KIP/kuliah, beasiswa atau keringanan biaya kuliah lainnya. Ya, semoga segala sesuatunya diberikan kemudahan dan kelancaran” imbuhnya.

Sementari itu, Koordinator Wilayah Jawa Barat 1, H. Atoillah Karim dalam sambutannya mengucapkan termakasih dan mengajak kepada SDM PKH untuk mendukung dan mengoptimalkan proses pendampingan bagi anak KPM PKH yang berpotensi lanjut kuliah, tanpa mengabaikan tugas pokok lainnya.

“Terimakasih kepada SDM PKH Ciamis, kita sama-sama dukung dan optimalkan gerakan ayo kuliah ini, sampai pada proses pendampingan bagi anak KPM dimulai sejak di bangku sekolah, diberikan motivasi untuk terus semangat dalam belajar sampai pendidikan tinggi, dan sampai pada saatnya nanti masuk di dunia kerja/usaha hingga mampu mengangkat dan merubah kehidupan ekonomi keluaraganya menjadi sejahtera” ucapnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ciamis, Agus Kurnia Kosasih, SH.,M.Si dalam sambutannya juga menyampaikan terimakasih kepada pihak STMIK-DCI Tasikmalaya, Yang telah bekerjasama dalam program Gerakan Ayo Kuliah.

Pemkab Ciamis melalui Dinas Sosial, kata Agus, sapaan akrab Kepala Dinas Sosial Ciamis, pihaknya akan terus memberikan dukungan penuh terhadap program kegiatan Gerakan Ayo Kuliah.

Menurutnya, pembangunan pendidikan kepada anak sekolah di Kabupaten Ciamis tidak berhenti kepada anak di jenjang pendidikan menengah atas melaikan harus sampai ke jenjang pendidikan tinggi.

“Semoga ini bisa menjadi inspirasi untuk semua, sebagai inovasi upaya dalam rangka memepercepat peningkatan kualitas pendidikan keluarga KPM PKH. Pada saatnya nanti, akan memutus rantai kemiskinan keluarga PKH, dengan ditopang tingkat pendidikannya dan potensi di dunia kerja/usaha nantinya” jelasnya. (01/nolduanews)