Hari Ketiga Belas Operasi Patuh Lodaya 2020, Angka Tilang Lebih Rendah dari Tindakan Persuasif

by -

Hari Ketiga Belas Operasi Patuh Lodaya 2020, Angka Tilang Lebih Rendah dari Tindakan Persuasif

Ciamis – Memasuki hari ketiga belas pelaksanaan Operasi Patuh Lodaya 2020, jajaran Satlantas Polres Ciamis lebih mengedepankan teguran persuasif dibanding tindakan langsung. Terbukti angka penindakan langsung atau tilang lebih rendah daripada tindakan persuasif berupa teguran.

“Sampai hari kami telah menindak langsung 822 pengendara, sedangkan tindakan persuasif tercatat sebanyak 1772 pengendara yang diberikan teguran,” ujar Kasat Lantas Polres Ciamis, AKP Sopyan Efendi, saat ditemui disela-sela pelaksanaan Operasi Patuh Lodaya 2020 di Raya Baregbeg, Ciamis, Selasa (4/8/2020).

Sopyan mengatakan para petugas lebih mengingatkan masyarakat untuk berkendara yang aman. Selain itu pihaknya juga tidak lagi melakukan pemeriksaan kepada setiap pengendara yang periode SIM maupun STNK telah habis.

“Kita memberikan teguran kepada pengendara yang SIM atau STNK telah habis masa berlakunya,” katanya.

Terkait hal tersebut Sopyan menuturkan selama pandemi Covid – 19 ini banyak pengendara yang belum memperpanjang SIM maupun STNK kendaraannya. Dengan pertimbangan itu, jajaran Polres Ciamis memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk segera memperpanjang masa berlaku SIM maupun STNK kendaraan

“Kita ketahui bersama, bahwa sampai saat ini kita masih dalam pandemi Covid-19 sehingga Operasi Patuh Lodaya kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya,” katanya.

Menurutnya, personel di lapangan menyasar para pelanggar kasat mata seperti tidak memakai helm untuk kendaraan roda dua, tidak memakai sabuk pengaman untuk kendaraan roda empat, menerobos rambu larangan, melawan arus dan lainnya. Bukan dengan pemeriksaan secara masif terhadap masa berlaku SIM atau STNK pengendara.

“Operasi Patuh Lodaya 2020 digelar sejak 23 Juli hingga 14 hari ke depan. Selama pelaksanaan kami membagikan 10 ribu masker gratis kepada pengendara yang melintasi lokasi operasi,” pungkas Sopyan. (Ayu/Nolduanews)