Dampak Pandemi Covid-19, Pengunjung Objek Wisata Situ Sanghyang Turun Drastis

by -

Pengelola Objek Wisata Situ Sanghyang Tasikmalaya, Maslikan kiri (foto : Risdianto)

Kabupaten Tasikmalaya –
Dampak pandemi Covid-19 berimbas pada penyusutan jumlah pengunjung yang datang ke Obyek Wisata (OW) Situ Sanghyang di Desa Cibalanarik/ Cilolohan Kecamatan Tanjungjaya kabupaten Tasikmalaya

Seperti dikatakan wakil Ketua pengelola Objek wisata Situ Sanghyang, Maslikan ( 51), selama iga Bulan tetakhir ini, jumlah pengunjung yang datang ke Obyek wisata Sanghyang mengalami penurunan.

Dikatakan Maslikan, penyusutan jumlah pengunjung diperkirakan mencapai 60 prosen. kondisi ini diperburuk oleh bermunculannya obyek wisata lokal yang ada didaerah.

“Dampaknya cukup besar dan sangat berpengaruh pada penggenjotan PAD,” tandas Maslikan.

Maslikan mengatakan, Obyek wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya seperti Situ Sanghyang ini sesuai dengan Perda para pengunjung dipungut biaya masuk sebesar Rp. 6 ribu sudah termasuk asuransi jasa Raharja.

“Kalau wisata lokalan ongkos masuknya terkadang alakadarnya, tidak ditentukan biaya masuknya, dengan sendirinya akan berdampak juga pada penyusutan jumlah pengunjung”, ungkapnya.

Bukan hanya itu saja, faktor lain yang berdampak pada penurunan jumlah pengunjung ke Objek wisata Situ Sanghyang karena kurangnya fasilitas pendukung dalam memanjakan pengunjung, seperti yang sering ditanyakan pengunjung semisal belum adanya kolam renang, pertamanan, permainan anak dan fasilitas pendukung lainnya.

“Banyak pengunjung yang menanyakan, di Situ Sanghyang itu ada apa? saya hanya menjawab ya seperti ini saja,¬† hanya keindahan alam Situ Sanghyang saja”, paparnya.

Ditambahkan Maslikan, Permasalahan ini sudah dikoordinasikan dengan Dinas terkait dan sedang dalam pengkajian.

“Dalam kondisi seperti ini pendapatan dari Objek Wisata Situ Sanghyang menyetor seadanya saja” pungkasnya. ( Rusdianto/nolduanews)