Istri Ketua DPRD Ciamis Manfaatkan Pekarangan Rumah Tanam Padi di Polybag

by -

Istri Ketua DPRD Ciamis Manfaat Pekarangan Rumah Tanam Padi di Polybag

Ciamis – Ide kreatif dari Istri Ketua DPRD Ciamis, Ny. Popon Permana terbilang cukup kreatif. Pasalnya dengan memaksimalkan lahan kosong di pekarangan rumah bisa produktif dengan menaman Padi di Polybag.

Ide Ny. Popon ini didemonstrasikan di Desa Andapraja, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, Jumat (20/11/20). Bersama Ormas Gema Anker (Gerakan Masyarakat Anti Kekerasan) dan GBR (Garda Bangsa Reformasi).

Ada sekitar 500 Polybag yang ditanami padi NP Aroma jenis Inbrid, dan prediksinya nanti satu polibag bisa menghasilkan 03 ons gabah kering, untuk 500 polibag menghasilkan kurang lebih 1,5 Kwintal beras.

“Untuk percontohan tanaman padi di Polybag sudah ada di pramuka,” jelas Ny. Popon.

“Dan untuk masyarakat yang tidak memiliki sawah tetapi memiliki lahan atau pekarangan luas, itu bisa mereka manfaatkan. Insyallah, hasilnya tidak jauh beda seperti padi di sawah” sambungnya.

Ny. Popon mengatakan, anak-anak muda jangan gengsi menanam padi, jangan takut kotor. Karena sekarang menanam padi di polibag bisa sambil memakai sepatu bagus.

“Pakai dasi juga bisa dan bisa sambil selfie/berswafoto, yang penting semangat”. tandasnya.

Popon menambahkan, jika masyarakat membutuhkan Polybag, pupuk dan benih padi NP Aroma Jenis Inbrid, bisa minta ke Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana S.H.

Senada, Ketua DPC Ormas Gema Anker Kabupaten Ciamis Ujang Haeruman, mengatakan dengan adanya gerakan menanam padi ini, yaitu mengajarkan kepada masyarakat pentingnya menanam padi.

“Masyarakat sekarang di edukasi untuk mempersiapkan ketahanan pangan di bidang padi. Untuk generasi-generasi ke depan,” terang Ujang.

Ujang menambahkan, perjuangan Ketua DPRD Ciamis untuk kemajuan di bidang pertanian dengan mempelopori gerakan menanam padi di Polibag ini, sudah mengutus beberapa orang ke berbagai kementrian.

“Gerakan menanam ini, mengajarkan pada masyarakat bagaimana pentingnya menanam padi, sehingga ke depan kita menuju kedaulatan pangan,” tutupnya. (Kayan Manggala/nolduanews)