Ketua DPRD Ciamis Hadiri Penanaman Seribu Pohon Di Pesantren Sirnarasa

by -

Ketua DPRD Ciamis Hadiri Penanaman
Seribu Pohon Di Pesantren Sirnarasa

Ciamis – Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, Nanang Permana S.H,. menghadiri acara Gerakan Penanaman Seribu Pohon di Pesantren Sirnarasa Desa Ciomas Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis. Minggu ( 15/11/20).

Acara yang digelar oleh Forum komunikasi kepedulian untuk Gunung Sawal (Fokkus) bersama Yayasan Sirnarasa Cisirri tersebut diikuti ratusan santri dan masyarakat setempat.

Dimulai dengan penanaman perdana oleh sesepuh Pesantren Sirnarasa, Abah Aos Ra yang juga Mursyid Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah PP Suryalaya Sirnarasa ke 38. Adapun pohon-pohon yang di tanam dalam gerakan seribu pohon ini jenis Pohon Jambe, Pohon Picung dan Pohon Kawung

Nanang Permana mengatakan gerakan menanam seribu pohon di Pondok Pesantren Sirnarasa ini untuk menjaga ekosistem dan koservasi air sebagai kebutuhan utama masyarakat dan semua mahluk hidup.

Nanang mengajak para santri, mahasiswa dan tokoh muda untuk bersama-sama melestarikan lingkungan dengan menyelamatkan ekosistem dengan menanam tanaman konservasi sehingga ketersediaan air kedepan tetap utuh dan terjaga.

“Pesantren Sirnarasa ini terletak di desa Ciomas dan berada di kaki Gunung Sawal. Jangan sampai ketika kemarau sebulan sampai dua bulan saja sudah tidak ada air” ujarnya.

Kepala Desa Ciomas, Yoyo Wahyono mendukung upaya pemerintah daerah dalam menata ulang Gunung Sawal termasuk perubahan status gunung sawal dari hutan produksi ke Hutan Taman Nasional.

“Gunung sawal perlu di tata ulang sebagai sumber mata air bagi kehidupan masyarakat. Jangan sampai terjadi kekeringan. Seperti tikus di lumbung padi tetapi kelaparan” tegasnya.

Rois Santri Pasantren Sirnarasa, Saeful Hilal menyampaikan rasa terima kasih kepada Fokkus yang telah memfasilitasi santri untuk terlibat aksi penanaman di kaki gunung Sawal.

“Aksi penanaman seribu pohon ini sebagai Bhakti santri untuk kejayaan agama dan negara serta peradaban dunia” ujarnya

Hilal menambahkan, kehadiran ketua DPRD kabupaten Ciamis ke pesantren Sirnarasa adalah bukti keseriusan dan dukungan atas keterlibatan santri dalam aksi melestarikan lingkungan.

Lanjutnya, ketua DPRD sebagai wakil rakyat telah memberikan kontribusi nyata untuk masa depan gunung Sawal sebagai kawasan konservasi. Ini dibuktikan dengan menggandeng santri sebagai kekuatan moral menanamkan budaya dan watak generasi mendatang untuk selalu menjaga dan melestarikan lingkungan.

“Santri Sirnarasa mendorong pa ketua DPRD Ciamis untuk mengandeng santri santri lainnya, terutama pesantren yang ada di kaki gunung Sawal” pungkasnya (Kayan Manggala/nolduanews).