Ketua DPRD Ciamis dan Gema Anker Lakukan Penghijauan di Desa Sukajaya

by -

Ketua DPRD Ciamis dan Gema Anker Gelar Penghijauan di Desa Sukajaya

Ciamis, Nolduanews.com – Dalam rangka bulan bakti Ormas Gema Anker (Gerakan Masyarakat Anti Kekerasan), Ketua DPRD Ciamis, Nanang Permana S.H, bersama Gema Anker dan Pramuka gelar Penghijauan dan Penanaman Seribu Pohon di Desa Sukajaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis. Minggu, (20/12/2020).

Jenis tanaman dalam gerakan menanam seribu pohon ini terdiri dari Pohon Aren dan Picung.

Ketua DPRD Ciamis, Nanang Permana mengatakan sampai hari ini sudah lebih dari 200 ribu Pohon Aren yang sudah ditanam.

“Di sekitar Gunung Sawal Kabupaten Ciamis sudah ditanami Pohon Aren, karena Gunung Sawal itu sumber airnya Kabupaten Ciamis, Tasikmalaya dan Pangandaran.” Ucapnya

Selanjutnya Nanang menyebutkan Penyemaian bibit Pohon Aren, rencananya sampai 2021 mendatang.

“Saya harus menyebarkan satu juta pohon aren, dan diusahakan untuk ditanam di hulu-hulu air. Supaya sumber air terpelihara.” Jelasnya

Kata Nanang, ada keuntungan disamping menjaga sumber air. Delapan tahun kemudian pohon Aren bisa disadap oleh Masyarakat untuk dijadikan Gula.

Senada dengan hal itu, Ujang Haeruman selaku Ketua DPC Ormas Gema Anker Kabupaten Ciamis menyampaikan dirinya sangat bersyukur dengan program Gema Anker dan Ide dari Ketua DPRD Ciamis selalu konsisten dan berjalan dengan lancar.

“Bibit-bibit juga murni dari kelompok kita (Fokkus), dan jika masyarakat membutuhkan penghijauan insya alloh pembibitan sudah siap.” Katanya (Kayan Manggala/nolduanews)