Nanang Permana : Gerakan Menanam Padi Menuju Kedaulatan Pangan

by -

Nanang Permana : Gerakan Menanam Padi Menuju Kedaulatan Pangan

CIAMIS – Gerakan menanam padi yang dilakukan Ketua DPRD Ciamis, Nanang Permana S.H, bersama Organisasi Masyarakat (Ormas) Gerakan Masyarakat Anti Kekerasan (Gema Anker) di Ciamis terus bergerak untuk kedaulatan pangan.

Gerakan tersebut telah dilakukan di Kampung Karangturi, Lingkingan Janggala, Kelurahan Ciamis, Kabupaten Ciamis. Nanang Permana mengontrol penanaman padi di polibag yang dikerjakan Pemuda Karangturi dan Gema Anker pada Kamis, (17/12/2020).

Nanang mengatakan dengan adanya gerakan menanam padi tersebut, setidaknya mengajarkan kepada masyarakat bagaimana cara menanam padi. Masyarakat diedukasi untuk mempersiapkan ketahanan pangan, yaitu pada tanaman padi.

Nanang Permana juga mengatakan, kebutuhan padi untuk satu orang dalam empat bulan hanya membutuhkan 135 polibag tanaman padi.

“Imam Al Gazali mengatakan makan jangan sampai kenyang, sebab tubuh kita membutuhkan ruang. Jadi kebutuhan padi untuk satu orang dalam empat bulan hanya 135 Polibag,” ujar Nanang Permana.

Nanang Permana menjelaskan, menanam padi di polibag itu murah, tidak membutuhkan irigasi, traktor dan proyek bendungan.

“Kalau menanam padi di sawah butuh proyek bendungan dan irigasi, maka pemborong yang diuntungkan, bukan petani,” jelasnya.

Nanang Permana menambahkan bagaimana Mengimplementasikan kedaulatan pangan dengan sederhana, yaitu mulailah menanam dengan memanfaatkan halaman yang kosong. (Kayan Manggala/nolduanews)