3.000 Peserta Ikuti Lomba Lintas Alam DPD KNPI Ciamis

0
5 views

CIAMIS – Sebanyak 3.000 peserta mengikuti kegiatan lomba lintas alam se-pulau Jawa yang diselenggarakan DPD KNPI Ciamis dan Komunitas pecinta alam Amranx (Anak Muda Resep Alam Nuansa X-Tream), Minggu (26/8) di perkebunan Dusun Cihideung, Desa Utama Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Ciamis Ardan Rosdiana mengatakan, kegiatan lintas alam ini merupakan agenda tahunan dan sudah yang keempat kalinya diselenggarakan. Kegitan ini juga bekerjasama dengan komunitas pecinta alam Amranx, peserta lintas alam semakin banyak dari tahun ke tahun.

Pada lomba lintas alam pertama tahun 2015 hanya diikuti sekitar 100an regu, tahun kedua hanya 300an regu, tahun ke tiga 400 regu dan sekarang yang keempat diikuti 700 regu lebih.

“Alhamdulillah semakin banyak peserta yang datang, tak hanya dari Jawa Barat seperti Subang dan Indramayu saja, namun banyak dari berasal dari Jawa Tengah, Jatim, ada yang dari Sumatera, Sulawesi bahkan Papua,” katanya.

Menurut Ardan, lomba lintas alam ini sebagai sarana penghayatan dan pengembangan guna memupuk rasa kecintaan terhadap alam semesta serta lingkungan hidup untuk menyelidiki kelestarian dan keindahan alam ini.

“Selain itu untuk mempelajari secara ilmiah apa yang terkandung di dalamnya. Ini juga dalam rangka silaturahmi antar pecinta alam se-pulau Jawa,” tuturnya.

Pembukaan lomba lintas alam DPD KNPI Ciamis ini dibuka langsung oleh Ketua DPD KNPI Jabar Rio F Wilantara PhD. Ia merupakan Ketua KNPI termuda se-Indonesia dan merupakan Doktor lulusan Universitas di Jerman.

Rio sendiri mengapresiasi kegiatan lomba lintas alam yang dilaksanakan DPD KNPI Ciamis.

“Kegiatan ini luar biasa, sebetulnya ini yang harus dicontoh oleh DPD KNPI di Kabupaten/kota lainya di Jawa Barat,” ujarnya.

Menurutnya, KNPI sebagai organisasi pemuda harus lebih produktif dalam berbagai kegiatan guna melahirkan dan menumbuhkan semangat juang para pemuda.

“Salah satunya dengan kegiatan lintas alam ini. Kecintaan terhadap alam harus terus ditumbuhkan demi menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Alam ini juga harus kita lindungi dan jaga, karena jika alam rusak maka kita sendiri yang bakal rugi,” paparnya.

Rio mengatakan, manusia juga merupakan bagian dari alam sehingga manusia perlu menyatu dengan alam. Caranya yakni, dengan memaknai bahwa alam merupakan ciptaan sang Maha Kuasa yang perlu disyukuri.

“Cara mensyukurinya yaitu dengan menjaga dan melindungi alam dan lingkungan sekitar, agar tetap asri dan lestari sehingga memberi manfaat bagi manusia,” pungkasnya.

Di lokasi dan waktu yang bersamaan, juga dilakukan gunting pita pembukaan sirkuit Gastrack Pasir Betrik yang pengelolaannya oleh DPD KNPI Ciamis. (Ferry/Nolduanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here