3 Fakta Ciamis Viral Se Nusantara Dalam Rentang Waktu 1 Bulan

by -

3 Fakta Ciamis Viral Se Nusantara Dalam Rentang Waktu 1 Bulan

Ciamis – Ada apa dengan Kota Ciamis? Dalam rentang waktu 1 bulan namanya viral di seantero Nusantara. Setidaknya ada 3 momentum yang menjadikan Ciamis disorot media Nasional.

Pertama, pada akhir bulan Januari 2020 masyarakat digegerkan dengan penemuan batu raksasa bersusun di Blok Rompe, Desa Sukaraharja, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis.

Penemuan batu raksa ini menimbulkan berbagai tafsir di masyarakat. Ada yang menyebut batu bersusun tersebut lebih lama dan lebih besar dari Borobudur. Bahkan ada juga spekulasi masyarakat yang dikaitkan dengan cerita rakyat setempat.

Banyak pula yang dikaitkan dengan cerita keangkeran batu tersebut sebagai salah satu peninggalan kerajaan Galuh.

Tim Geologi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Museum Geologi Bandung, serta sejarawan untuk sementara menyimpulkan, batu bersusun yang disebut sebagai batu Rompe tersebut bukan candi. Tapi bentukan Alam.

Batuan tersebut berjenis andesit. Batu jenis ini memang mudah dibentuk, misalnya jadi candi.

Tim ITB dan kawan kawan mengungkapkan, batuan andesit di Batu Susun Rompe ini berasal dari lava yang membeku. Lava keluar dari perut bumi kemudian membeku di permukaan bumi.

Mereka memperkirakan, lava tersebut berasal dari gunung sawal. Dan gunung sawal diduga dulunya merupakan gunung berapi.

Kedua, pada awal Januari 2020, pernikahan kedua Abah Cijeungjing menyedot perhatian masyarakat Nusantara. Media Nasional menyoroti viralnya video yang diunggah lewat aplikasi Tik tok. Pada video itu, isteri pertama mengantar bahkan menyiapkan keperluan suami nya menikah lagi dengan seorang istri asal Jombang yang kini tinggal di Tasikmalaya.

Nama Ciamis lagi lagi muncul sebagai suguhan informasi media hingga viral se Nusantara.

Ketiga, belum selesai kehebohan video viral Poligami diantar istri. Masyarakat Ciamis digemparkan oleh pernyataan Ridwan Saidi yang menyebut di Ciamis tidak ada kerajaan. Bahkan Babe Saidi menyebut Galuh sebagai padan kata dari Brutal.

Otomatis pernyataan Babe Saidi ini menuai reaksi masyarakat Tatar Galuh Ciamis. Berbagai elemen menggelar aksi meminta pertanggungjawaban Babe Saidi. Bahkan Bupati Ciamis mengancam akan melaporkannya ke aparat Kepolisian.

Berbagai media Nasional menulis kasus ini sebagai headline. Bahkan beberapa kali menyiarkan langsung lewat berbagai media televisi.

Ciamis kembali viral di tingkat nasional. Namanya menghiasi pikiran masyarakat di seantero Nusantara.

Ada apa dengan Ciamis? Itulah 3 fakta Nama Ciamis viral di tingkat nasional. Setidaknya, Ciamis menjadi lebih dikenal masyarakat luas. (Aep Saepulloh/nolduanews)