5 Hal yang Harus Dipahami Pelajar dalam SKUKP dan Syarat-Syaratnya

0
29 views
Siswa-siswi SMK Miftahussalam Cijeungjing berfoto bersama jajaran Polres Ciamis setelah sosialisasi dalam rangkaian Roadshow Millenial Road Safety Festival, Jum'at (22/2/2019). Foto: Ayu/Ndn

Ciamis – Rangkaian road show sosialisasi Millenial Road Safety Festival yang digelar Polres Ciamis kali ini bertempat di SMK Miftahussalam Jalan H. Ubad no 9432/13 Cijeungjing Ciamis, Jumat (22/2/2019).

Materi yang disampaikan oleh Kanit Kamsel Polres Ciamis IPDA Dasino Gustiana terkait Surat Keterangan Uji Keterampilan Pengemudi (SKUKP)

Dikatakan Dasino Klipeng merupakan salah satu dokumen yang digunakan oleh pemilik kendaraan yang ingin mendapatkan tingkat SIM A ke B.

“Ada 5 syarat yang harus dipenuhi untuk mencari surat klipeng atau yang biasa disebut dengan Surat Keterangan Uji Keterampilan Pengemudi (SKUKP),” ujarnya.

Syarat pertama Fotocopy SIM yang ingin di-upgrade atau diperpanjang, kedua fotocopi KTP, ketiga menyediakan 2 lembar pas foto terbaru berukuran 3×4.

Syarat berikutnya lanjut Dasino membayar uang penerbitan sebanyak 50.000 rupiah seperti yang sudah dijelaskan pada PNBP yang berlaku di Polri PP No 60 tahun 2016. Syarat kelima adalah menyertakan surat keterangan berbadan sehat.

“Kelima syarat tersebut harus dipahami oleh para pelajar sehingga ketika akan melakukan SKUKP mereka sudah mempersiapkan segalanya,” paparnya.

Sementara itu Kepala SMK Miftahussalam Dadan Apip Hamdan sangat berterima kasih kepada Satlantas Polres Ciamis atas paparan materi yang sangat berguna bagi peserta didiknya.

“Jelas pengetahuan ini akan sangat berguna bagi siswa kami, dengan sosialisasi ini wawasan mereka terhadap tertib berlalu lintas semakin luas sehingga mereka bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari – hari terutama saat berkendara,” ucapnya.

Selain itu pada kesempatan ini Dadan juga menginstruksikan peserta didiknya untuk mengikuti kegiatan jalan sehat Millenial Road Safety Festival yang akan dilaksanakan Sabtu pagi. (Ayu/NolduaNews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here