623 Pejabat Eselon IV Di Ciamis Ikuti Uji Kompetisi Jabatan

CIAMIS – Sebanyak 623 Pejabat Eselon IV lingkup Pemerintah Kabupaten Ciamis mengikuti Uji Kompetisi Jabatan Sebagai implementasi peraturan pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKSDM) Sabtu-Minggu, (30-31/3).

Kepala Bidang Pengembangan Potensi Aparatur BKSDM Ciamis, Dr. Asep Saeful Rahmat, S.Ip., MSi menjelaskan uji kompetensi ini untuk mendapatkan informasi yang objektif mengenai karakter, keahlian dan kemampuan atau kompetensi pejabat eselon IV.

“Untuk mendapatkan hasil maksimal dan objektif dalam uji kompentesi ini, Pemkab Ciamis bekerjasama dengan tim PPSDM Fisip Unpad,” ungkapnya.

Dari ini lanjut dia,informasi mengenai karakter, keahlian dan kompetensi tesebut akan kami gunakan sebagai bahan pertimbangan dalam rangka pemetaan pejabat stuktural serta sebagai bahan evaluasi dalam rangka peningkatan kompetesi dari masing-masing pejabat melalui Diklat sehingga didapatkan ASN yang professional.

“Selain diperuntukan sebagai bahan pemetaan pejabat struktural, uji kompetensi ini juga menjadi syarat wajib dalam rangka pengisian jabatan pengawas atau jabatan eselon IV,” ujar Asep Saeful Rahmat.

Dijelasakan Asep Saeful Rahmat, Job fit ini dilakukan sebagai bahan evaluasi kesesuaian kualifikasi, kompetensi dan kinerja, sehingga kedepan dapat dijadikan sebagai alat untuk mengevaluasi diri.

Uji Kompetensi ini tambahnya, merupakan amanat Undang-undang ASN dan surat edaran Menpan RB, jika tidak mengikuti dapat berdampak pada persyaratan untuk menduduki jabatan tidak terpenuhi.

“Bahkan hasil  Uji kompetensi pejabat eselon IV ini dapat dijadikan bahan oleh pimpinan daerah untuk melakukan rotasi dan mutasi jabatan sesuai kompetensinya” pungkas Asep Saeful Rahmat. (Aep Saepulloh/Nolduanews)**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here