70% SMP di Ciamis Selenggarakan PPDB Online

Para Kepala SMP se Kabupaten Ciamis mengikuti bursa PPDB di Aula Disdik Ciamis. (Foto:Rey/NDNews)

CIAMIS-Sebanyak 70 persen dari total 113 Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri dan swasta di Kabupaten Ciamis mengadakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online. Sedangkan sisanya masih menggunakan sistem manual.

Menurut Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kab Ciamis Dudung Abdullah tahun ini PPDB SMP ada yang sudah secara online tapi ada juga yang masih manual.

“Di Ciamis ini dalam PPDB SMP itu secara semi ada yang online ada juga yang masih manual. Tapi total 70 persen sudah melaksanakan secara online,” ujarnya saat ditemui dalam Bursa PPDB SMP di Aula Dinas Pendidikan, Sabtu (8/7/2017).

Dikatakan Dudung, sekolah yang berada di wilayah perkotaan umumnya sudah menggunakan sistem online, sementara yang berada di pelosok masih manual karena terkendala sarana dan prasarana terutama dalam jaringan.

Kata dia, keuntungan PPDB secara online para pendaftar bisa langsung mendaftar ke sekolah yang dituju. Serta bisa diproses dengan cepat. Tujuannya, sebagai pelaku di dunia pendidikan tentu harus bisa mengikuti perkembangan wawasan global dan harus mampu berkelas.

“Kalau manual terus tentu akan ketinggalan dengan perkembangan teknologi secara global,” katanya.

Meskipun demikian ungkap Dudung ada kendala yang dihadapi dalam PPDB secara online misalnya beberapa siswa ada yang belum mampu mengoperasikan komputer. Hal ini  terkendala masalah SDM yang kurang paham terhadap teknologi karena pendaftar adalah siswa yang baru lulus Sekolah Dasar.

“Untuk mengatasi hal tersebut, kita himbau pihak sekolah yang dituju membantu pendaftar melakukan pendaftaran secara online. Selain itu Dinas Pendidikan juga menerjunkan operator IT untuk membantu kelancaran PPDB online ini,” pungkasnya. (Rey/NolduaNews.com)