Terkait Penangkapan Oknum Wartawan, Ini Kata Ketua PWI Ciamis

by -961 views

CIAMIS – Ditangkapnya oknum wartawan Minggu pagi (2/05) dalam kasus dugaan pemerasan, Ketua PWI Ciamis, Banjar dan Pangandaran, Deni Hamdani sangat mensuport langkah tegas yang dilakukan kepolisian Polres Ciamis.

“Polisi telah membantu kami dalam penyelamatan terhadap pencemaran nama baik dan citra wartawan profesional di kalangan masyarakat, dan unsur Pemerintahan di Daerah,” Kata Deni, saat ditemui Nolduanews di Kantor PWI Ciamis, Senin (3/6/2019).

Lanjut Deni, PWI sering mendapatkan laporan serupa. Namun, rekomendasi dari PWI sendiri agar korban segera berkoordinasi dengan kepolisian, karena PWI bukan polisinya wartawan.
Sehingga dalam hal penertiban wartawan yang melakukan tindak pidana diluar tugas kewartawanan sebagaimana diatur pada Undang Undang Pers No. 40 tahun 1999, dan kode etik wartawan Indonesia.

“Kami membutuhkan peran-peran kepolisian. PWI hanya bisa menegur menindak dan memberi bantuan advokasi kepada wartawan yg tercatat dalam keanggotaan PWI dan dibatasi dalam perkara kejurnalistikan (Sengketa Berita),” ungkapnya.

Menurut Deni, wartawan Indonesia wajib mengikuti organisasi profesi yang diakui oleh Dewan Pers dan undang-undang. Organisasi profesi wartawan yang diakui Dewan Pers dan undang- undang adalah PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) AJI (Aliansi Jurnalis Independen) dan IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia).

“Sementara untuk organisasi perusahaan media yang diakui yaitu, Serikat Perusahaan Pers Seluruh Indonesia (SPSI), dan Serikat Media Syber Indonesia (SMSI),” tuturnya.

Deni menambahkan, bahwa pada Hari Pers Nasional (HPN) di Surabaya, tanggal 9 Februari 2019, Presiden Joko Widodo meminta wartawan meningkatkan kualitas kompetensinya, melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Jadi mulai tahun 2019 wartawan yang layak diterima dilayani adalah wartawan yang sudah memiliki sertifikasi profesi wartawan Indonesia melalui (Sertifikat UKW), dan medianya media yang telah diverifikasi Dewan Pers,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.