Connect with us

Berita

Agun Gunandjar Sudarsa: Penyelengara PAUD Bisa Gunakan Dana Desa

Published

on

CIAMIS-Para pengelola Pendidikan Anak Usaha Dini (PAUD) bisa memanfaatkan dana desa. Sebab pendidikan usia dini belum tercover oleh APBD dan APBN. Dasar hukum tentang penggunaan dana desa sudah ada.

“Silakan saja minta ke desa, ada dana desa yang sangat besar itu. Tujuan dana desa itu kan untuk meningkatkan kesejahteraan warga desa, termasuk juga menyelenggarakan pendidikan secara dini yang selama ini dikelola secara swakelola,” kata  Anggota DPR-RI dari Fraksi Golkar Agun Gunandjar Sudarsa saat silaturahmi dengan ribuan rangtua dan guru PAUD Kecamatan Ciamis di Sirkut BMX, Minggu (16/03/2019).

Acara tersebut juga dihadiri para pengurus Forum Bhineka Indonesia, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Dr Wawan Arifin dan mantan Bupati Ciamis Engkon Komara.

Agun menjelaskan untuk penyenggaraan Pendidikan Anaka Usia Dini di tingkat kampung atau desa, bisa didukung dengan dana desa yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBN). Sebab dana desa yang digelontorkan pemerintah tujuanya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, salah satunya memajukan pendidikan.

“Kalau SD, SMP dan SMA kan sudah dicover oleh APBD, PAUD kan dilakukan secara swadaya jadi dana desa juga bisa diprioritaskan untuk mendukung PAUD, silakan kepada penyelenggara PAUD bisa minta ke desa,” kata Agun dihadapan ribuan o

Dikatakannya, selain untuk infrastruktur dan penguatan ekonomi, dana desa juga bisa diprioritaskan untuk membangun pendidikan serta kesehatan, seperti PAUD dan posyandu. “Ya, PAUD itu kan juga kebutuhan sosial masyarakat di bidang pendidikan. Bahkan, dalam aturan dana desa, bisa diprioritaskan untuk pembangunan PAUD,” tegasnya.

Menurut dia, hingga saat ini masih banyak masyarakat di daerah tertinggal atau kampung yang belum memahami sepenuhnya tentang PAUD. Sehingga kebutuhan dasar untuk bidang pendidikan itu tidak diutamakan oleh sebagian masyarakat di desa-desa.

Agun mengatakan, hingga saat ini masih saja banyak kendala dalam anggaran desa untuk pembangunan PAUD. “Tahun lalu saya sangat apresiasi sekali ada satu desa yang membangun PAUD menggunakan dana desa. Tapi di satu sisi lagi, ada yang tidak bisa menggunakan dana desa karena alasan yang tidak jelas ,” ungkapnya.

Agun mengatakan, PAUD sangat penting karena menjadikan anak Indonesia yang cerdas dan pintar dibutuhkan pendidikan dasar atau fondasi kuat. Antara lain karakter, kemampuan sosial, emosi, kognitif, dan bahasa. Pendidikan ini dapat diberikan pada usia dini, yaitu empat tahun pertama usia emas hingga usia delapan tahun. Jika melihat kondisi di lapangan, mana mungkin bila masih banyak pendidik PAUD yang input-nya berasal dari latar belakang berbeda, baik potensi maupun pendidikannya. (dar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita

Pengurus LAPMI HMI Ciamis Periode 2018-2019 Resmi Dilantik

Published

on

Foto: Hernawan Ketua Umum HMI Cabang Ciamis membacakan ikrar pelantikan pada proses Pelantikan LAPMI HMI Cabang Ciamis Periode 2018-2019, Sabtu (23/3/2019). Ata/Nolduanews

Ciamis, (Nolduanews.com) –Pengurus Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) periode 2018 – 2019, resmi dilantik. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum HMI Cabang Ciamis, Hernawan, di aula Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ciamis, Sabtu (23/03/2019).

“Alhamdulillah, sekarang pengurus sudah resmi dilantik. Selamat berproses, semoga amanah mengemban tugas.” ujar Hernawan.

Pengurus yang dilantik merupakan hasil Musyawarah Lembaga II LAPMI HMI Cabang Ciamis pada 3 Februari 2019. Terpilih sebagai Direktur Utama dalam MUSLEM ke-II tersebut adalah Muhamad Adi Rifqi.

Usai dilantik, Direktur Utama LAPMI HMI Cabang Ciamis, Adi Rifqi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, atas dukungan dan kerja sama yang baik dengan LAPMI. Ia juga berjanji akan berkontribusi untuk mengembangkan minat kader di bidang jurnalistik.

“Kami akan terus berinovasi dalam mengembangkan minat dan bakat kader dalam bidang jurnalistik. Kami siap untuk menerima masukan-masukan dan bekerja sama, demi HMI yang lebih baik,” ujar Adi.

Anjar Asmara mantan Ketua PWI Ciamis menyampaikan pengalaman sebagai jurnalis kepada para kader HMI dalam kegiatan Pelantikan LAPMI HMI Cabang Ciamis di Aula Disbudpora, Sabtu (23/3/2019). Ata/Nolduanews

Pelantikan Pengurus LAPMI HMI tersebut juga dihadiri Ketua PWI Ciamis, Deni Hamdani, mantan Ketua PWI Ciamis, Anjar Asmara, mantan Direktur Utama LAPMI HMI Cabang Ciamis, Ade Taufiq Arifin serta kader HMI se-wilayah kerja HMI Cabang Ciamis.

Sementara Ketua PWI Ciamis, Deni Hamdani mengucapkan selamat atas dilantiknya semoga mampu menghasilkan jurnalis mahasiswa yang idealis dan berkualitas.

“Selamat atas dilantiknya LAPMI HMI Cabang Ciamis, semoga bisa lebih bergairah kembali dalam beraktifitas organisasi dan kritik baik dalam bentuk langsung atau tulisan”. tandasnya.

Mantan Ketua PWI Ciamis, Anjar Asmara juga mengampaikan pengalamannya sebagai seorang jurnalis, bahwa sebagai jurnalis kita harus kerja keras dan cerdas. Tips mencapai sukses yaitu bangun pagi dan bergerak.

“Bangun pagi dan melaksanakan planning yang akan dibuat itu salah satu tips sukses saya” ungkapnya.

Anjar percaya bahwa LAPMI HMI adalah lembaga jurnalis mahasiswa yang idealis kritis dengan ciri khas organisasi HMI. Saya merasa rindu HMI bergaung kembali mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah.

“Saya merasa rindu mendengar HMI melakukan aksi memperjuangkan aspirasi yang pro-rakyat,” ucap Anjar. ATA/Nolduanews.com

Continue Reading

Berita

Ribuan Warga Ciamis Tonton Kirab Budaya Mieling Ngadegna Galuh

Published

on

CIAMIS-Kirab budaya di Acara Mieling Ngadegna Galuh ka 1407 7 (23 Maret 612 M – 23 Maret 2019 M)  berlangsung semarak Sabtu (923/3/2019). Ribuan warga Kota Ciamis dan sekitarnya tumplek memenuhi jalan yang dilalui kirab. Kirab dimulai dari Keraton Selagangga di Jalan KH Ahmad Dahlan sampai ke Situs Jambansari.

Pantauan nolduanews.com, sejak pukul 07.00 sudah menyemut di jalur yang akan dilalui peserta kirab. Warga ingin melihat langsung kamonesan (kesenian) yang akan dibawa karnaval. Ada bebegig dari Sukamntri, Replika wayang raksasa, calung, reog dan berbagi kamonesan lainnya.

Menurut Ketua Panitia Miéling ngadegna Galuh ka 1407, Ricky Andriawan Mardjadinata ragam kesenian akan ditampilkan hadir juga budayawan seperti Kang Budi Dalton, Kang Man Jasad dan Kang Dedi Mulyadi Purwakarta, Pandu Radéa dari Tapak Karuhun Nusantara juga dari akademisi Rektor Unigal, Yat Rospia Brata yang juga Ketua Dewan Kebudayaan Ciamis.

“Kang Oni Suwarman salah satu artis dan seniman yang merangkap anggota DPD RI juga akan hadir membawakan acara. Nanti juga ada jawara pakidulan,” katanya,

Menurut dia acara Miéling ngadegna Galuh ka 1407 adalah sebuah napak tilas perjalanan Kerajaan Galuh, sebagai bentuk pernghormatan para putra /incu putu Galuh terhadap nama besar Galuh dan para leluhur Galuh yang telah melahirkan sejarah panjang Kerajaan Galuh.Miéling ngadegna Galuh ka 1407 ini memiliki tujuan agar generasi saat ini tidak pareumeun obor. Terlebih acara ini digelar adalah untuk mempererat tali silaturahim sesama saudara yang masih reueus dan mengalir semangat Galuh dalam dirinya.

Hildawati salah seorang mahasiswa Unigal yang menonton acara tersebut mengaku bangga dengan budaya Galuh. Dia berharap acara serupa tetap digelar dan lebih marak lagi. (rasy/nolduanews)

Continue Reading

Berita

Ketua DPD PKS: Kami Menolak Tegas Terkait Penundaan Pelantikan Bupati

Published

on

Ketua DPD PKS sedang memimpin konfrensi pers terkait pernyataan sikap penundaan pelatikan Bupati Ciamis dikantor DPD PKS Kabupaten Ciamis, Jumat (22/03/2019). Foto: Istimewa

Ciamis– “Sebagai partai pengusung Bupati Herdiat – Yana kami menolak dengan tegas terkait penundaan pelantikan bupati Ciamis,”. Demikian disampaikan Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera Dede Herli pada saat konfrensi pers terkait pernyataan sikap penundaan pelatikan Bupati Ciamis dikantor DPD PKS Kabupaten Ciamis, Jumat (22/03/2019).

Dalam hal ini DPD PKS Ciamis pun mengeluarkan surat petisi penolakan penundaan pelantikan bupati Ciamis yang nantinya akan di sampaikan ke gubernur Jawa Barat dan Kementrian Dalam Negeri.

“Setelah konfrensi pers dilakukan kami langsung menuju gedung DPRD Ciamis untuk menyampaikan surat petisi ke pimpinan DPRD,” ujarnya.

Dikatakan Dede, pengunduran ini diduga ada indikasi pelanggaran perundang – undangan sehingga sangatlah tidak objektif dengan alasan kondusifitas menjelang Pilpres 2019.

Dede menilai adanya wacana digantikan oleh Pejabat sementara yang hanya berlaku 2 bulan itu akan tidak efektif.

“Berdasarkan jadwal, pelantikan bupati itu tanggal 7 April 2019. Jadi buat apa harus repot-repot melantik pejabat sementara yang hanya untuk 2 bulan,” tegasnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Ciamis Nanang Permana mengaku baru pagi ini menerima surat edaran dari gubernur. s

“Hari ini juga kami akan melakukan rapim untuk membahas terkait penundaan pelantikan bupati,”pungkasnya. (Ayu/ Nolduanews.com)

Continue Reading

Trending

%d bloggers like this: