Agun Gunanjar : Dana Desa Sebaiknya Dipakai Pemberdayaan Pelaku UMKM

0
71 views

CIAMIS – Dalam rangka memberikan perkembangan informasi tentang kebijakan-kebijakan Pemerintahan Desa, Ketua Fraksi Golkar MPR RI mengadakan Seminar Edukasi Literasi Keuangan Bagi Pelaku Usaha Lokal bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Senin (19/11) di Hotel Tyara Ciamis.

“Hari ini kita mengumpulkan para pengusaha kecil pelaku usaha lokal (UMKM) bersama dengan OJK, dengan tujuan memberikan perkembangan informasi tentang kebijakan Pemerintahan saat ini, dan utamanya yang terkait dengan UU No. 6 tahun 2014 tentang Pemerintahan Desa,” ujar Agun Gunandjar setelah membuka kegiatan seminar.

Agun mengungkapkan, pada tahun 2019 meyakini dengan kucuran dana Rp. 70 Triliyun untuk Desa, Rp. 3 Triliyun untuk kelurahan. Ini adalah momentum yang sangat baik bagi para pengusaha umkm di daerah, dan untuk pihaknya di Dapil.

“Makanya kami mengumpulkan para pelaku usaha lokal bekerjasama dengan OJK selaku mitra kerja kami, untuk menangkap peluang-peluang kedepan yang lebih baik, karena kalau lihat perkembangan yang ada di Ciamis ini, persoalan infrastruktur jalan, persoalan lintas distribusi barang jasa relatif jalan jadi semuanya sudah jalan,” ungkapnya.

Lanjut Agun, sehingga kedepanya dana-dana Desa yang ada ini tidak mungkin lagi digunakan untuk infrastruktur. Ia berharap dana Desa yang akan datang itu lebih diharapkan untuk pemberdayaan ekonomi rakyat, pemberdayaan para pelaku usaha umkm.

“Ciamis itu punya Abon yang terkenal, Galendo, Sale, Seroja dan masih banyak lagi produk-produk yang lain, termasuk banyak juga kerajinan seperti bambu bisa dalam industri ukir ataupun yang lainya. Dengan kucuran dana yang ada maka dapat ruang kesempatan kepada masyarakat untuk menciptakan lapangan kerja penghasilan sendiri,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here