Antisipasi Kecelakaan, Dishub Ciamis Cek Kelayakan Armada

by -670 views

CIAMIS – Dalam rangka mengantisipasi persiapan mudik lebaran tahun 2019, Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis melakukan pengecekan kelayakan kendaraan angkutan umum, Sabtu (25/5/2019). Kegiatan tersebut, sebagai upaya memberikan kenyamanan bagi masyarakat khususnya pemudik yang ingin pulang ke kampung halamannya.

Dalam kegiatan pengecekan tersebut, Dishub Kabupaten Ciamis langsung mendatangi dua Perusahaan Bus di Kabupaten Ciamis.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, Endang Sutrisna mengatakan, maksud tujuan kegiatan ini untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan disaat mudik lebaran nanti. Dan juga untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

“Dalam pengecekan ini, alhamdulilah sampai sekarang kami tidak menemukan Bus yang tidak layak pakai atau tidak layak jalan. Namun, tadi ada satu di Perusahan Bus Sumber Jaya Ciamis yang tidak layak pakai, itu karena turun mesin, jadi tidak bisa jalan,” katanya.

Kegiatan pengecekan tersebut, lanjut Endang, akan diselenggarakan selama dua hari. Untuk nanti, Dishub Ciamis juga akan mengecek kendaraan angkutan umum kecil (Elf).

“Besok kami juga akan ke Kawali dan Rancah untuk melakukan pengecekan terhadap angkutan umum kendaraan kecil atau Elf,” ucapnya.

Lebih lanjut Endang menambahkan, untuk arus mudik tahun ini di Kabupaten Ciamis aman, karena semua lampu-lampu PJU di semua titik yang rawan telah diperbaiki dan di perbanyak.

“Semua jalur di Kabupaten Ciamis sudah kami perbaiki, jadi untuk tahun ini arus mudik di Ciamis aman, baik itu di jalur utara maupun selatan, sudah kami perbaiki,” katanya.

Endang menghimbau, kepada para supir Bus atau angkutan umum lainnya, bilamana mengantuk jangan memaksakan diri untuk mengemudi, tetapi lebih baik beristirahat, itu demi keselamatan.

“Kalau ngantuk berhenti dulu, jangan memaksa nyupir. Karena kami di jalur mudik di semua titik di Kabupaten Ciamis telah menyiapkan Rest Area bagi pemudik yang ingin beristirahat,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.