Atasi Kemacetan Polres Ciamis Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Kondisi lalu lintas di Jalan Nasional Ciamis, terpantau ramai lancar. (foto:Rey/NDNews)

CIAMIS-Untuk mengatasi kemacetan akibat padatnya arus lalu lintas di jalur Ciamis Satlantas Polres Ciamis melakukan rekayasa lalu lintas khususnya di beberapa titik tertentu. Kondisi ini dipicu karena jumlah kendaraan di jalur nasional menuju barat arah Bandung atau Jakarta mulai meningkat pada H+4.

Kasat Lantas Polres Ciamis Akp Kurnia menuturkan salah satu rekayasa lalu lintas dengan memberlakukan satu lajur dari mulai wilayah Nagrak Sindangrasa sampai Imbanagara.

Dimana jalur tersebut dari arah Ciamis kota menuju Cikoneng terjadi penyempitan jalan, tepatnya di depan SD Negeri 2 Imbanagara. Gunanya agar kendaraan yang datang dari arah timur menuju barat tidak berebut. Sementara sepeda motor bisa menggunakan lajur kiri.

“Rekayasa jalan ini dengan memasang barier dan rambu pembatas jalan dari mulai Nagrak sampai Imbanagara dengan tujuan agar kendaraan yang lewat tidak saling mendahului,” ungkapnya.

Dikatakan Kurnia untuk sementara tidak ada pemberlakukan untuk menggunakan jalur alternatif lingkar selatan. Meskipun diberlakukan maka kendaraan yang datang dari arah Banjar tetap akan bertemu di pertigaan Selamat Datang Ciamis di Imbanagara.

“Kecepatan kendaraan di Sindangrasa hingga Imbanagara terpantau sekitar 20-30 kilometer per jam,” jelasnya.

Untuk memperlancar arus kendaraan di wilayah Ciamis, sejumlah titik terutama persimpangan pertigaan dilakukan penutupan. Hal ini guna meminimalisir keluar masuknya kendaraan, yang dapat menimbulkan antrian cukup panjang.

Sementara, untuk pengalihan arus ke Garut via Tasikmalaya dari arah Ciamis diberlakukan secara situasinal. Apabila terjadi kepadatan arus di wilayah Gentong. Dalam hal ini pihaknya akan berkoordinasi dengan Polres Tasikmalaya kalau harus pengalihan arus. (Rey/NDNews.com)