Banjir Landa Dua Kecamatan di Pangandaran

PANGANDARN – Hujan deras yang terus mengguyur wilayah kabupaten Pangandaran, sejak sabtu (20/12) membuat sejumlah anak sungai di kecamatan Kalipucang dan Padaherang meluap karena tak mampu lagi menampung debit air. akibatnya beberapa desa di dua kecamatan ini terendam banjir.

Diperkirakan sedikitnya 252 KK rumahnya terendam banjir dengan ketinggian air di dalam rumah mencapai setengah meter. Banjir di wilayah ini merupakan banjir tahunan, akibat meluapnya air sungai citanduy. Ratusan Hektare sawah yang baru ditanami pun rusak. 
Pejabat Bupati Pangandaran, Endjang Naffandi saat meninjau lokasi Banjir (21/12) mengatakan, pihaknya akan melakukan kordinasi dengan (Balai Besar Wilayah Sungai) Citanduy di Banjar. Menurutnya, solusi banjir tahunan ini bisa dipecahkan melalui penyodetan sungai Citanduy. Jika tidak memungkinkan, maka perlu adanya pengerukan lumpur sungai sehingga kedalaman sungai bertambah. “Kita segera berkoordinasi dengan pihak BBWS” ujar Endjang.

Pemerintah Kabupaten Pangandaran melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dibantu Kodim 0613 Ciamis, saat ini membuat POSKO Banjir di Ciganjeng. Mereka melakukan patroli dan melakukan evakuasi kepada warga yang terjebak banjir.

Komandan Kodim 0613 Ciamis Letkol Inf. Jan Pribadi melalui Pasiter Rohadi mengatakan, pihak TNI 0613 langsung di terjunkan ke lokasi banjir di desa Ciganjeung dan membuat tenda untuk para pengungsi, selain itu kodim 0613 Ciamis juga memberikan pelayanan kesehatan buat warga yang memerlukannya. (012/NDNews)