Batik Ciamis Harus Tetap Dilestarikan. Pemda Diminta Turun Tangan

0
5 views

CIAMIS – Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang sudah diakui Dunia, momentum Hari Batik Nasional yang selalu diperingati pada tanggal 2 Oktober setiap tahunya selalu disambut baik oleh Pemerintah dan masyarakat Indonesia.

Kabupaten Ciamis mempunyai ciri khas Batik yang populer di Jawa Barat bahkan Indonesia, karena mampu bersaing dengan Batik daerah lain yang sama-sama populer di tanah air.

Tetapi saat ini, Batik Ciamis sudah tidak terlihat lagi dan mungkin hilang seiring zaman. Sampai anak muda saat ini tidak mengenal Batik asli Ciamis seperti apa, padahal Batik Ciamis masuk dalam Batik terpopuler di Jawa Barat.

“Batik Ciamis jangan sampai hilang, karena itu sebagai warisan budaya kita. Batik Ciamis harus dilestarikan lagi,” kata Pengurus Dangiang Galuh Binangkit Deden Juanda saat ditemui di Sekertariat Dangiang Galuh Binangkit Kabupaten Ciamis, Selasa (2/10).

Deden mengungkapkan, Rukun Batik Ciamis seharusnya saat ini masih ada, untuk menampung hasil karya para perajin Batik Ciamis. Sehingga Batik Ciamis bisa dikenal masyarakat baik di Daerah Ciamis sendiri maupun luar Daerah lain.

“Momen Hari Batik Nasional pada hari ini, di sekolah juga sebaiknya siswa/siswi maupun gurunya memakai Batik kalau bisa Batik asli Ciamis. Sebagai bentuk kecintaan terhadap Indonesia dan juga melestarikan Batik Ciamis,” ungkapnya.

Deden berharap, Batik Ciamis bisa bangkit lagi jangan sampai hilang. Peran Pemerintah Daerah sangat dibutuhkan untuk saat ini, agar kelangsungan Batik Ciamis bisa lebih lestari.

“Saat ini hanya ada beberapa saja yang masih memproduksi Batik Ciamis, mungkin dengan bantuan dari Pemda Ciamis masyarakat bisa lebih giat lagi untuk memproduksi Batik Ciamis supaya Batik Ciamis tidak hilang dan saya harap Batik Ciamis terus dilestarikan,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here