Bawaslu : Ajudan ASN Incumbent Tidak Dibolehkan Untuk Ikut Kampanye

0
0 views

CIAMIS – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat Harminus Kotto mengatakan Aparatur Sipil Negara (ASN) itu tidak boleh untuk berpolitik dan ikut berkampanye dengan Pasangan calon, kalau ada ASN yang ikut berkampanye maka itu melanggar kode etik tentang pemilihan umum.

“Jangankan untuk ikut kampanye, Like foto di Facebook atau media sosial lainya juga dilarang. Walaupun itu hanya Like,” ujarnya setelah menghadiri kegiatan sosialisasi Pemilu, Panwaslu bersama pemangku agama Kabupaten Ciamis di Hotel Tyara Plaza, Kamis (22/2/2018).

Harminus mengatakan, terkait incumbent yang biasanya selalu ada ajudan pribadinya. itu tidak dibolehkan dalam aturan undang-undang pemilihan umum, karena ajudan pribadi Incumbent tersebut merupakan ASN, jadi sudah tentu tidak di bolehkan untuk ikut kampanye dan berpolitik.

“Incumbent itu sudah cuti diluar tanggungan Negara selama berkampanye. Mau itu mobil dinas, rumah dinas serta ajudan pribadi itu dikembalikan lagi ke Negara. Karena incumbent itu kan sudah jadi peserta dan sama juga seperti peserta calon yang lainya,” jelasnya.

Kalau ada masyarakat yang mengetahui adanya suatu pelanggaran terkait adanya ASN yang ikut serta dalam kampanye paslon lanjut Harminus, masyarakat harus segera melaporkan ke Panwaslu.

“Jadi kalau ada ASN yang ikut terus masyarakat mengetahuinya laporkan saja ke Panwaslu, karena ASN itu harus netral sama halnya dengan Polri/TNI, ” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here