Bekali Santri Baru dengan Wawasan Kebangsaan Yayasan Dal El Rahman Gandeng Polres dan Kodim 0613 Ciamis

by -35 views

Ciamis – Dalam upaya menanamkan dan membekali santri baru dengan wawasan kebangsaan Ketua yayasan Dal El Rahman KH Arif Chowas menggandeng Polres Ciamis dan Kodim 0613 untuk memberikan pembinaan wawasan kebangsaan di aula Ponpes Miftahul Ulum, Kamis (18/7/2019).

Sekira 476 santri baru dari berbagai jenjang sekolah yang ada di lingkungan Pesantren Miftahul Ulum mengikuti kegiatan taaruf.

Menurutnya kegiatan ini sebagai salah satu perwujudan komitmen keagamaan terutama pesantren.

“Peran pesantren tidak bisa dilepaskan dalam pembentukan karakter dan kelangsungan hidup bangsa,” ungkapnya.

Dikatakan KH Arif sebagai kaum mayoritas sudah seharusnya para santri lebih baik, lebih maju dan bisa berdaya saing dengan bangsa lain.

“Muslim sebagai mayoritas sudah seharusnya mampu berdaya saing dengan bangsa lain. Terlebih dengan pemahaman wawasan kebangsaan para santri lebih bisa memupuk rasa cinta tanah air,” jelasnya.

Kh Arif mengaku bahagia karena meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya keagamaan bagi putera – puterinya. Sebagai tumpuan di masa depan orang tua semakin banyak yang mempercayakan pendidikan anaknya ke pesantren – pesantren.

“Alhamdulillah setiap tahun selalu ada peningkatan. Kami berharap dengan penanaman wawasan kebangsaan kepada anak – anak bisa menjadikan mereka suri teladan bagi umat di dunia,” tegasnya.

Sementara itu dalam paparannya Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso mengungkapkan apresiasi dan terima kasih kepada santri baru. Namun karena para santri ini berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia Kapolres meminta santri baru untuk tetap menjaga kebhinekaan yang ada.

“Para santri kan berasal dari berbagai daerah yang tentunya memiliki perbedaan baik dari bahasa, budaya dan adat istiadat. Terlepas itu semua kalian tetap anak – anak Indonesia yang harus menjaga keutuhan NKRI, memupuk persatuan dan menghargai kebhinekaan yang ada,” ujar Bismo.

Selain itu Bismo juga berpesan untuk tetap menumbuhkembangkan cinta damai, menjaga kebersamaan, kerukunan dan memperbanyak silaturahmi.

“Kepada anak – anakku santri baru dimohon agar belajar dengan sungguh – sungguh untuk mempersiapkan diri menjadi anak yang pintar, soleh, dan menjadi penerus bangsa termasuk dengan menjadi TNI maupun Polri,” paparnya.

Terakhir Kapolres juga mendoakan para santri agar sukses dalam menuntut ilmu dan menjadi generasi yang berakhlak mulia.

“Saya doakan agar anak – anak jadi sukses, sabar dan tabah dalam proses belajar sehingga mencapai apa yang dicita – citakan,” pungkas Bismo. (Ayu/Nolduanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.