BNN dan Polres Ciamis Temukan 6 Buah HP dan 1 Modem Internet di Lapas Ciamis

Proses razia di LAPAS Ciamis bersama BNNK Ciamis dan Polres Ciamis, Selasa (12/2/2019). Foto: Ferry/Ndn

Ciamis – Operasi mendadak (Sidak) yang dilakukan oleh Tim Gabungan yang terdiri dari Satuan Narkoba Polres Ciamis dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis, ke rumah tahanan Lapas kelas II B Ciamis, Selasa (12/2).

Dalam operasi tersebut, petugas langsung menyisir setiap kamar penghuni lapas, baik itu lapas wanita maupun pria untuk dilakukan tes urine.

Beberapa barang yang ditemukan di LAPAS Ciamis, Selasa (12/2/2019)
Narapidana Lapas Ciamis dikumpulkan pasca penggeladahan di Lapas Ciamis, Selasa (12/2/2019)

Kepala BNNK Ciamis, AKBP. Yaya Satyanagara mengatakan, dalam operasi ini petugas telah memeriksa kurang lebih 21 kamar. Termasuk di lapas wanita juga ikut di periksa untuk di tes urine agar mencegah peredaran gelap narkoba di Lapas.

“Hasil dari operasi ini kami ada beberapa yang di tes urine, dan ada 4 orang yang positif, 2 orang Met Ampetamin dan ampetamin, kemudian 2 orang lainya Met Ampetamin,” katanya.

Yaya menambahkan, sementara untuk barang bukti yang berhasil diamankan yakni, 4 buah HP Android, 2 buah HP Jadul, dengan 24 Charger HP, di tambah satu Modem, serta 4 buah sim card yang terpisah dari HP.

“Ada satu buah alat transaksi (Token) dari kamar penghuni lapas, nanti akan didalami oleh Kalapas tentang alat tersebut. Karena alat tersebut ditemukan di kamar yang isinya kurang lebih 25 orang, sudah pasti nanti tidak akan ada yang mengaku, jadi kami akan dalami permasalahan ini,” ucapnya.

Yaya menjelaskan, yang disidak ini di prioritaskan untuk napi kasus narkoba, terlebih saat ini ada kiriman dari luar Ciamis. Termasuk juga, pihaknya melakukan pemeriksaan di ruangan isolasi yang kasus kriminal umum dan narkoba jadi campuran.

“Ini yang termasuk kategori orang-orang yang perlu diwaspadai, kami juga melakukan pemeriksaan itu,” pungkasnya. Ferry/Nolduanews