Budayawan Jawa Barat Dedi Mulyadi Hadiri Jalan Sehat Hari Jadi Ciamis

by
Budayawan Jawa Barat Dedi Mulyadi hadiri Jalan Sehat Hari Jadi Ciamis. (Foto:syah/NDNews)

CIAMIS-Budayawan Jawa Barat Dedi Mulyadi yang juga sebagai Bupati Purwakarta ikut berbaur bersama puluhan ribu warga Tatar Galuh Ciamis mengikuti jalan sehat hari jadi Kabupaten Ciamis ke 375 tahun dengan start dan finish di Alun-alun Ciamis Minggu (23/7/17).

Jalan sehat ini diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis setiap tahun dan sudah menjadi tradisi, dengan tiket gratis dan dengan hadiah utama satu unit rumah seharga Rp140juta, tiket Umroh dan 8 sepeda motor, serta hadiah hiburan lainnya. Rutenya mengelilingi wilayah perkotaan Ciamis.

Dengan bertambahnya usia Kabupaten Ciamis ini, masyarakat berharap Ciamis bisa lebih baik, lebih maju dan bersaing dengan daerah lain. Terutamanya untuk mengentaskan kemiskinan dan mensejahterakan masyarakat Tatar Galuh.

Husni, 56, warga Pawindan, Kecamatan Ciamis mengatakan Ciamis saat ini sudah ada kemajuan. Namun masih banyak yang perlu ditingkatkan, terutama untuk menambah lapangan pekerjaan untuk masyarakat. Kondisinya saat ini masih minim. Bahkan masyarakat lebih memilih merantau ke luar daerah.

“Saat ini masih banyak warga Ciamis yang memilih bekerja di luar daerah karena sedikitnya lapangan pekerjaan, harapannya kedepan Ciamis bisa menciptakan banyak lapangan pekerjaan,” ujarnya di sela jalan sehat.

Budayawan Jawa Barat Dedi Mulyadi mendoakan agar Kabupaten Ciamis lebih maju. Menurutnya potensi Ciamis cukup besar, terutama untuk olahan makanan yang sudah dikenal secara nasional, terutama galendo dan makanan ringan kerupuk dari Cikoneng, Ciamis.

“Mudah-mudahan Ciamis bisa lebih maju, lebih cantik orang-orangnya, seperti sejarahnya Ciamis memiliki putri cantik Diah Pitaloka,” katanya.

Sementara itu, Bupati Ciamis Iing Syam Arifin mengucapkan terimakasih atas kehadiran masyarakat merayakan hari jadi Ciamis. Meskipun dilaksanakan terlambat yang seharusnya hari jadi jatuh pada 12 Juni. Namun waktu itu dalam bulan suci ramadan.

“Meskipun terlambat tetapi tidak mengurangi kemeriahan jalan sehat ini. Semoga dengan dukungan dari masyarakat Ciamis kedepan lebih maju,” pungkasnya. (Syah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.