Cabor Sepeda BMX PON XIX, Jawa Barat Raih Emas dan Perak

Rio Akbar (tengah) atlet sepeda BMX dari Jawa Barat meraih emas pada pertandingan final kelas BMX Supercross-Men Elite Minggu (25/9/2016) di venue BMX Cigembor Kabupaten Ciamis.*Foto:Cok

CIAMIS- Sirkuit venue BMX Cigembor Kabupaten Ciamis Minggu (25/9/2016) menjadi saksi perebutan medali emas pada final pertandingan cabang olahraga sepeda BMX PON XIX. Ajang balap sepeda BMX di venue berstandar internasional itu memerebutankan 2 medali emas, 2 medali perak dan dua medali perunggu.

Kontingen Jawa Barat yang diperkuat oleh 6 atlet BMX nya mampu meraih medali emas dan perak. Emas diraih Rio Akbar di kelas BMX Supercross Men Elite. Sementara dari kelas BMX Supercross Women Elite Cupi Nopianti yang merupakan atlet asal Ciamis hanya mampu meraih medali perak.

Pada pertandingan PON sub cabor sepeda BMX diikuti sekitar 70 atlet dari 13 Provinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Bali, Papua, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Riau, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur. 

Pelaksanaan balapan BMX untuk kelas BMX Supercross-Men Elite diawali dengan babak penyisihan, sebanyak 22 atlet dibagi menjadi empat grup. Kemudian atlet BMX yang lebih cepat pertama sampai keempat berhak melaju ke babak semi final.

Rio Akbar atlet Jawa Barat tampil dengan performa terbaik ,berhasil menghipnotis warga Ciamis yang nonton. Dibabak tersebut dibagi dua grup dan empat atlet tercepat dari masing-masing grup berhak masuk final.

Di babak final ini Rio Akbar mendapat perlawanan sengit dari atlet asal Nusa Tenggara Barat I Gusti Bagus Saputra dan sempat tertinggal diposisi kedua. Seakan tidak ingin malu dihadapan warga Jawa Barat Rio Akbar mulai mengambil celah dan berhasil memimpin hingga finish. Rio Akbar mencatatkan waktu 32.192 detik. Diposisi kedua I Gusti Bagus Saputra dari Nusa Tenggara Barat dan Ketiga Renoza Aldi Pratama.

Sementara itu, di BMX Supercross-women Elite, Emas dirah Atlet Jawa Timur Elga Kharisma Novanda, perak diraih Cupi Nopianti atlet Jawa Barat dan perunggu diraih atlet Nusa Tenggara Barat Regina Patricia Panie.

Atlet BMX Jawa Barat Rio Akbar menyatakan bangga sekaligus senang dengan raihan emas yang diraihnya. Medali tersebut dipersembahkan untuk Jawa Barat. Namun Rio mengaku di babak final sempat tertinggal oleh atlet Jawa Timur I Gusti Saputra karena gugup.

“Namun berkat dukungan penuh dari warga Tatar Galuh bisa bangkit lalu mengejar hingga memimpin hingga finis,” ujarnya.

Kata Rio, awalnya dia kira pesaing terberatnya adalah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat. Namun ternyata Bali dan Nusa Tenggara Barat yang menjadi pesaing berat Rio Akbar.

“Sebelumnya memang sempat ketinggal. Tetapi saya mencari celah terakhir di line tiga dan empat. Akhirnya bisa mengejar dan finish,” tandas Rio Akbar.(Cok/NDNews)***