Ciamis Urutan 8 Di Jabar Dalam Kunjungan Ke Borobudur

0
14 views

CIAMIS – Kabupaten Ciamis urutan ke 8 se Jawa Barat, dalam kunjungan wisata ke situs Budaya Candi Borobudur dan Prambanan. Hal tersebut diungkapkan oleh Assisten Domestic Market PT. Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Pusparani Saraswati isaat Sosialisasi Warisan Budaya Dunia (World Culturial Heritage) bersama Wakasek Kesiswaan SMP Se Kabupaten Ciamis, Kamis (22/11) Di Aula Disdik Ciamis.

“Khusus Pelajar rangking pertama di Jawa Barat dalam kunjungan wisata paling banyak ke Candi Borobudur dan Prambanan, yakni Kota Bogor. Sedangkan Kabupaten Ciamis diurtan 8 se Jawa Barat,” kata Pusparani.

Puspa menyampaikan, pihaknya juga selalu melakukan Promosi dan Edukasi ini di seluruh Daerah Jawa Barat, jadi bukan hanya di Kabupaten Ciamis saja.

“Promosi dan Edukasi ini sangat penting karena untuk melestarikan warisan Budaya Dunia. Jadi kalau kita melihat sisi komersialnya saja apa yang terjadi kedepanya kalau tanpa ada pelestarianya, sedangkan Borobudur dan Prambanan itu merupakan warisan budaya dunia yang semua orang tau,” ungkapnya.

Jadi selain Promosi dan Edukasi lanjut Puspa, pihaknya juga mensosialisasikan lebih detail tentang candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko. Agar masyarakat mengetahui lebih dalam lagi tentang situs-situs warisan budaya dunia, bukan hanya sekedar luarnya saja.

“Jadi bukan hanya sekedar foto-foto saja di Candi Borobudur atau Prambanan, tetapi juga bisa mengetahui detail sejarah candi-candi tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasi Peserta Didik Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Asep Wahyu mengatakan, kegiatan ini sangat mendukung bagi sekolah di Kabupaten Ciamis, untuk lebih mengetahui secara keseluruhan tentang sejarah warisan budaya dunia jika akan melakukan study tour kesana.

“Saya sangat mendukung sekali, karena kegiatan ini sangat baik. Khususnya bagi sekolah-sekolah di Kabupaten Ciamis yang akan melakukan study tour ke Yogjakarta,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here