Dadan Afif Hamdan, Penggerak LKM Syariah Model BMT di Ciamis

Dadan Afif Hamdan, S.Ag, M.Pd.

CIAMIS – Kehadiran Lembaga Keuangan Mikro (LKM) berbasis syariah model Baitul Maal Wat Tawil (BMT) di Ciamis tidak terlepas dari sosok Dadan Afif Hamdan, S.Ag, M.Pd.

Ia adalah salah seorang pendiri Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK) di Ciamis pada tahun 1997 silam. PINBUK pada saat itu menjadi mitra Bank Indonesia dalam mendirikan Ribuan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Model BMT di Indonesia.

Di Ciamis sendiri, sejak kehadiran PINBUK tahun 1997 telah  berdiri sekitar 73 BMT yang tersebar di seluruh pelosok Ciamis. Namun karena lemahnya managmen pengelolaan jasa keuangan tersebut, banyak BMT yang gulung tikar.

“Dulu ada sekitar 73 BMT di Ciamis, Namun yang masih beroperasi hingga sekarang hanya 10 %” ujar Dadan.

Lanjut dia, banyaknya BMT yang gulung tikar dikarenakan lemahnya manajmen pengelola serta kehadiran lembaga yang hanya sebatas mau menerima kucuran progran dari pemerintah. Mereka tidak mau berjuang untuk perjuangan yang sesungguhnya,

“BMT menjadi alat juang ummat untuk membangun perbank-kan syari’ah dalam skala mikro. Kehadirannya harus mampu membangun dan membina perekonomian ummat” ujarnya.

Dari BMT ini katanya, pembiayaan kredit usaha kecil harus mampu dibangun dan mewujud menjadi wirausaha sukses.

Sebagai pejuang LKM Syari’ah model BMT di Ciamis, Dadan kini memilki  BMT Miftahussalam dengan aseet lebih dari 9 Milyar. Ia mengenang masa-masa perjuangannya dan menceritakan modal BMTnya dimulai dari patungan anggota dengan uang terkumpul sekitar Rp. 3 juta

Yayasan Miftahussalam yang dikelolanya mampu menjadi pioner pemberdayaan masyarakat di Ciamis, Selain Memilki BMT, Dadan juga  mendirikan Miftahussalam Bisnis Center (MBC).

Salain itu, Yayasan ini mampu membangun lembaga pendidikan dari mulai PAUD hingga SMK.

Karena keuletannya ia pernah mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai tokoh pemuda yang berhasil memberdayakan masyarakat melalui BMT. Selamat dan Sukses (Aep/Nolduanews)

Beri Komentar