Dalam 2 Pekan Operasi Zebra, Polres Ciamis Amankan 4650 Pelanggar Lalin

0
21 views

Ciamis – Dalam dua pekan pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2018 sebanyak 4650 kendaraan kena tilang. Hal tersebut diungkapkan oleh Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Agoeng Ramadhani saat konprensi pers di Mapolres Ciamis, Senin (12/11/2018).

Menurutnya angka tersebut berbanding jauh dari angka tilang tahun 2017 yang mencapai total 2400.

“Kita berharap menjelang operasi lilin akhir tahun ini pelanggaran kendaraan bisa berkurang sehingga tingkat kecelakaan lalu lintas juga bisa diminimalisir,” ucapnya.

Kata dia total 2650 tersebut terdiri dari roda dua sebanyak 4.037, mobil penumpang 280, bus 19 dan mobil barang 314 buah.

“Penilangan ini masih didominasi oleh roda dua dengan pelanggaran terbanyak dalam penggunaan helm dan anak sekolah yang tidak memiliki SIM,” paparnya.

Dikatakan Agoeng sebelum operasi zebra pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah di Kabupaten Ciamis.

“Kita rutin melakukan sosialisasi ke berbagai sekolah mulai dari TK, SD dan SMP di Ciamis. Pasalnya pada usia SD dan SMP tersebut anak-anak mulai coba – coba berkendara dan ini sangat rawan dalam kecelakaan,” imbuhnya.

Selain itu lanjut Agoeng pihaknya juga menghimbau kepada guru untuk mengingatkan muridnya agar tidak menggunakan kendaraan bermotor di usia yang masih kecil.

“Terakhir kita menghimbau ke masyarakat untuk tidak menghindar saat dilakukan operasi. Kalau salah lebih baik ditilang, jangan menghindari polisi apalagi harus berputar arah, itu sangat berbahaya bagi keselamatan. Kalau ditilang tinggal urus saja di Pengadilan,” pungkasnya. (AY/NDNews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here