Dandim 0613 Ciamis Tutup Kegiatan PPBN SMKN 1 Kawali

by

Ciamis – Dandim 0613 Ciamis Tri Arto Subagio menutup secara resmi kegiatan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) atau yang lebih dikenal dengan pendidikan bela negara di SMK Negeri 1 Kawali, Kamis (11/4/2019).

Dalam paparannya Tri menuturkan bela negara kepada para pelajar adalah untuk meningkatkan wawasan kebangsaan. Pelajar merupakan generasi muda penerus bangsa sehingga diharapkan memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme yang tinggi .

“Dengan memahami nilai-nilai yang terkandung dalam lima butir Pancasila, dan kemudian dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat,” terangnya.

Dandim 0613 Ciamis Tri Arto Subagio melepaskan tanda peserta PPBN pada Upacara Penutupan kegitana PPBN di SMKN 1 Kawali, Kamis (11/4/2019). Foto: istimewa
Foto bersama dengan siswi-siswi peserta PPBN dan dewan guru di Lapang Upacara SMKN 1 Kawali, Kamis (11/4). Foto: istimewa

Dikatakan Tri, latihan bela negara ini pada hakekatnya melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya yang disiapkan dan dibina secara dini untuk kepentingan pertahanan negara.

“Salah satu pemberdayaan wilayah pertahanan dengan membentuk generasi muda yang mempunyai wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan disiplin yang tinggi serta tercipta rasa bela negara terhadap NKRI,” tegasnya

Lebih jauh Tri memaparkan kegiatan ini tidak hanya untuk membentuk para pelajar dalam kesadaran Bela Negara tetapi juga untuk membekali siswa dalam menghadapi Praktek Kerja Lapangan (PKL), agar apa yang telah didapat dalam latihan dapat  diaplikasikan di lapangan baik di tempat PKL maupun di sekolah.

“Kami berharap apa yang sudah disampaikan dalam kegiatan ini bermanfaat khususnya bagi peserta, sehingga mereka bisa lebih baik lagi dalam segala hal,” ucap Tri.

Terakhir Tri juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah bekerja sama dengan Kodim 0613 Ciamis dalam kegiatan Bela Negara.

“SMKN 1 Kawali sebagai cermin bagi sekolah lain dalam kegiatan Bela Negara. Ke depan diharapkan sekolah lain juga bisa menyelenggarakan kegiatan seperti ini karena pada intinya Kodim 0613 Ciamis siap bekerja sama kapan saja dalam PPBN,” pungkas Tri. (Ayu/Nolduanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.