Danrem 062/Tarumanagara Berharap Latihan Posko 1 Prajurit Semakin Berkualitas

by -46 views

Ciamis – Komandan Korem 062/Tarumanagara Kolonel Inf Parwito menyebutkan latihan Posko 1 bukan lagi sebagai sebuah tuntutan melainkan sudah menjadi kebutuhan mendasar yang harus diwujudkan.

“Semua karena tantangan tugas yang dihadapi diperkirakan semakin meningkat dan kompleks sehingga┬á butuh kesiapan yang didukung oleh prajurit yang berkualitas,” ujar Parwito saat membuka kegiatan Latihan Posko 1 di Aula Makodim 0613 Ciamis, Rabu (19/6/2019).

Menurutnya latihan Posko 1 merupakan suatu metode latihan taktis tanpa pasukan yang harus dilakukan dalam melatih prosedur hubungan komandan dan staf guna merencanakan operasi, menerapkan taktik dan tehnik Olah Yudha serta komando pengendalian tugas penanggulangan bencana.

“Wilayah Kodim 0613 itu kan meliputi dua kabupaten dan satu kota yang mempunyai karakteristik kerawanan bencana alam yang berbeda di setiap daerahnya,” ungkapnya.

Dikatakan Parwito untuk Kabupaten Pangandaran rawan bencana Tsunami sedangkan Kabupaten Ciamis titik kerawanannya lebih ke longsor karena letak geografisnya pegunungan.

“Dalam hal ini bagaimana seorang pimpinan itu bertindak sekaligus mengurangi resiko dari bencana tersebut,” tegasnya.

Parwito berharap dengan latihan Posko 1 ini bisa menghasilkan berbagai produk dari berbagai pendekatan, taktis dan teknis.

“Semoga dengan gladi Posko 1 bisa hasilkan beberapa produk dari berbagai pendekatan baik yang bersifat konseptual, praktis yang dapat digunakan baik dalam perbaikan serta dijadikan acuan dalam menghadapi tugas kedepan. Disamping itu peserta juga diharapkan bisa mengikuti kegiatan dengan baik dan penuh disiplin sehingga hasilnya bisa diaplikasikan di lapangan nanti,” pungkasnya. (Ayu/Nolduanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published.