Dedi : Budaya Ngikis Karangkamulyan Ciamis Harus Dilestarikan

0
2 views

CIAMIS – Tokoh budayawan Jawa Barat Dangiang Galuh Pakuan Dedi Mulyadi menyatakan adanya upacara adat ngikis di Situs Budaya Karangkamulyan Ciamis membuktikan bahwa banyaknya budaya dan seni di Tatar Galuh Ciamis. Adanya tradisi ini maka harus dilestarikan serta di kembangkan.

“Pusat kota Galuh dulunya ada di Karangkamulyan, maka dari itu mari kita jaga kampung leluhur kita ini tradisi kita ini jangan sampai leluhur kita marah karna melihat kampung halamanya sudah beda seperti dulu,” ujar Dedi di saat kegiatan Upacara Adat Ngikis di situs Ciungwanara Karangkamulyan, Senin (7/4/2018).

Dedi berharap, kedepanya tradisi, budaya, serta seni seperti upacara adat ngikis ini harus selalu dilestarikan dan di kembangkan. Karena melalui tradisi budaya ngikis ini dalam menyambut bulan suci ramadhan bisa mengingatkan dari mana semua ini berasal.

“Mudah-mudahan karya seni budaya ini bisa mengantarkan kemulyaan bagi masyarakat tatar sunda semuanya, dan melalui budaya ini bisa mengingatkan kembali dari mana kita berasal,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here