Dewan Guru MTs Al-Fadliliyah Ciamis Ikuti Workshop Peningkatan Mutu

0
9 views

CIAMIS – Sebanyak 38 Dewan Guru MTs Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis mengikuti kegiatan Workshop Pembentukan Nilai-Nilai Karakter dan Jati Diri Bangsa, Rabu (24/10/2018) di Aula Gedung Nadwatul Ummah Darusalam Ciamis.

Untuk pemantapan teoritis, guru dibekali oleh teori-teori dan motivasi dalam rangka peningkatan wawasan kebangsaan oleh Dr. Hj. Chusna Arifah selaku pemateri juga wakil kepala MTs Al-Fadliliyah Darussalam.

Dewan guru diberi materi permainan yang dilabelisasi dengan istilah yang diambil dari 4 pilar kebangsaan, mulai dari istilah kelompok Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tuggal Ika dan NKRI.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum MTs Al-Fadliliyah Juju Julaeha, M. Pd.I mengatakan, kegiatan ini adalah bagian dari upaya peningkatan wawasan kebangsaan dan peningkatan kecintaan terhadap NKRI.

“Ini bagian dari program kurikulum yang telah diagendakan sesuai dengan program tahunan, kebetulan untuk tahun ini adalah materinya tentang NKRI. Alhamdulilah respon dan tanggapan dari dewan guru ini sangat antusias dan semangat,” jelasnya.

Sementara itu, Pemateri sekaligus wakil kepala MTs Al-Fadliliyah Darusalam Ciamis Dr. Hj. Chusna Arifah menyampaikan, dengan adanya kegiatan workshop ini diharapkan jadi motivasi bagi dewan guru. Apalagi MTs al-Fadliliyah Darussalam berada di lingkungan Pondok Pesantren Darussalam.

Pondok Pesantren Darussalam adalah lembaga pendidikan simbolis dari NKRI, selain santri yang datang dari berbagai etnis dan suku di Indonesia ada di pesantren Darussalam.

“Makanya, di Pondok Pesantren darussalam pendidikan pluralisme sangat ditekankan. Karena pendidikan kebangsaan ini bagian dari upaya mencintai NKRI,” ucapnya.

Lebih lanjut Hj. Nuna panggilan akrabnya mengatakan, bahwa guru berkewajiban untuk mendidik para santrinya untuk bisa menghormati terhadap perbedaan.

“Perbedaan bukan jadi hal yang mengakibatkan perpecahan, tetapi dari perbedaan harus jadi simbol kekuatan dan persatuan dan kesatuan NKRI,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here