Disdukcapil Ciamis Musnahkan Ribuan E-KTP Rusak dan Invalid

CIAMIS – Ribuan KTP elektrik yang kondisinya rusak dan invalid, di musnahkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis, pemusnahan tersebut sesuai dengan adanya surat edaran dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Pemusnahan yang dilaksanakan di Lapang Basket belakang kantor Disdukcapil ini, Senin (17/12), dihadiri oleh Plt Kasat Pol PP Kabupaten Ciamis Dedi Iwa, dan Perwakilan dari Insfektorat Ciamis.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Ciamis Agus Ali Akbar mengatakan, pemusnahan E-KTP ini merupakan karena adanya surat edaran dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait E-KTP yang sudah invalid dan rusak harus segera dimusnahkan dengan cara di bakar.

Kabupaten Ciamis sendiri, merupakan kumpulan dari setiap seluruh Kecamatan, kurang lebih sebanyak 18.462 E-KTP.

“Dari pada berceceran dimana-mana di kantor, lebih baik di bakar. Karena sudah tidak dipake lagi, apalagi sekarang sudah ada surat edaran dari Mendagri,” katnya.

Agus menambahkan, setelah adanya pemusnahan ini. Mungkin kedepanya, pemusnahan E-KTP ini akan dilakukan setiap minggu sekali.

Agus menghimbau, kepada masyarakat Kabupaten Ciamis, apabila ada yang mempunyai E-KTP dengan kondisi rusak, langsung saja digantikan dengan yang baru.

“Untuk penggantianya, silahkan saja datang ke setiap kantor Kecamatan dan kantor Disdukcapil langsung,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews)