Dishub Ciamis Siapkan Ratusan RPPJ Tambahan di Sepanjang Jalur Mudik

Petugas Dishub tengah mempersiapkan RPPJ untuk ditempatkan di sepanjang jalur mudik Ciamis. (foto:syh/NDNews)

CIAMIS-Menghadapi Mudik 2017, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis telah menyiapkan ratusan rambu pendahulu petunjuk jurusan (RPPJ) serta rambu lainnya yang akan ditempatkan di sepanjang jalur Mudik mulai dari pintu masuk Cihaurbeuti sampai pintu keluar Cisaga.

Tambahan RPPJ ini bersumber dari Bantuan Provinsi dan Pusat. Beberapa jenisnya antara lain penunjuk arah sebanyak 115 yang akan ditempatkan di pertigaan, perempatan. Meskipun ada yang permanen tetapi tujuannya untuk lebih memperjelas agar memudahkan pemudik menentukan arah tujuannya.

Barikade sebanyak 43 buah, water barier sebanyak 97 buah, trafic cone sebanyak 161 buah, ratusan stick cone untuk mempermudah rekauasa lalu lintas. Hingga memasang warning light portable di beberapa titik.

“Kami sudah persiapkan, sudah mendapat bantuan ratusan rambu-rambu untuk ditempatkan  di sepanjang jalur mudik Ciamis ini,” ujar Kepala Bidan Lalu Lintas Dishub Ciamis Agus Yani, Kamis (8/6).

Kata dia, pemasangan RPPJ dipasang sekitar 10 hari sebelum lebaran. Semua akan diserahkan kepada setiap UPTD Terminal di masing-masing daerah, karena yang lebih mengetahui situasi di lapangan sekaligus menjadi penanggung jawab.

“Akan kami pasang maksimal 10 hari sebelum lebaran, karena mulai H-7 kendaraan biasanya mulai mengalami peninkatan volume,” katanya.

Dikatakan Agus Yani, selain menyediakan RPPJ, Dinas Perhubungan juga telah menambah dua trafic light di wilayah Sukumalya Cihaurbeuti dan di Kecamatan Cisaga. Serta melakukan perbaikan di dua lokasi yakni di Lokasana dan Tonjong.

“Sekarang jumlah trafic light di jalur Ciamis ada 14 unit, mudah-mudahan semuanya berfungsi dan tidak ada masalah saat mudik nanti,” ungkapnya.

Mencegah dan menekan angka kecelakaan di jalur mudik ciamis ini, Dinas Perhubungan juga akan memasang imbauan-imbauan baik di pertigaan jalan maupun di tempat rest area. (Syh/NDNews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here