Dishub Dan BNNK Ciamis Bentuk Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas

0
1 views

CIAMIS – Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis melaksanakan kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tahun 2018 Tingkat Kabupaten Ciamis, selasa (27/3/2018) di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis Jl. Otto Iskandardinata Lingkar Selatan Ciamis.

Kegiatan ini dalam rangka mendukung pelaksanaan tertib berlalu lintas yang diharapkan para pelajar dapat menjadi Pelopor Keselamatan di lingkungan sekolah maupun di masyarakat.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis Ir. Nana Supriatna menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan keselamatan jalan di dalam rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke 376.

“Memberikan pengetahuan dan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya keselamatan di jalan, dan bulan keselamatan adalah sebagai Program dari Dinas perhubungan Kabupaten Ciamis,” jelasnya.

Sementara itu Sekertaris Daerah Kabupaten Ciamis H. Asep Sudarman,M.Pd., mengatakan Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Perhubungan harus mampu mewujudkan pembangunan keselamatan jalan di Kabupaten Ciamis dengan mengacu kepada 5 (lima) pilar Rencana Umum Nasional Keselamatan.

“Diantara Lima pilar itu yaitu Manajemen Keselamatan Jalan, Jalan yang Berkeselamatan, Kendaraan yang Berkeselamatan, Perilaku Pengguna Jalan yang berkeselamatan, Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut juga Dishub Kabupaten Ciamis bersama BNNK Ciamis sekaligus memberikan pembekalan dalam hal Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada para peserta Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas.

Rachman Chaerudin, S.Sos., selaku narasumber dari BNNK Ciamis memaparkan materinya dengan judul “Remaja Melawan Narkoba”.

Menurut Rachman tingginya angka kecelakaaan terutama yang menimpa pelajar tingkat sekolah menengah, disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari pelanggaran rambu lalu lintas, kendaraan yang tidak sesuai dengan SNI hingga penyalahgunaan Narkoba menjadi faktor penyumbang terbesar terjadinya kasus kecelakaan lalu lintas pada pelajar.

“Permasalahan narkoba di Indonesia dilihat dari jumlah prevalensi penyalahguna narkotika yang begitu tinggi mengakibatkan Indonesia menjadi negara sasaran peredaran gelap narkotika,” pungkasnya. (Ferry/nolduanews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here