Dokumen Kependudukan Di Ciamis Gunakan TTE Barcode

CIAMIS – Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Ciamis, sudah mulai menerapkan penggunaan Tanda Tangan Elektronik (TTE) Barcode pada dokumen kependudukan, Kamis (13/6/2019). Penggunaan TTE ini juga diberlakukan di setiap Kecamatan yang mempunyai mesin Printer atau yang bisa mencetak Kartu Keluarga (KK).

Penggunaan TTE Barcode ini merupakan tindaklanjut amanat Pasal 5 ayat (5) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2019 tentang pelayanan administrasi kependudukan secara Daring dan surat Direktur Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri tanggal 4 Februari 2019.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ciamis, Agus Ali Akbar, SH mengatakan, pemberlakuan penggunaan TTE Barcode ini sejak tanggal 1 Juni 2019 sesuai surat dari Bupati Ciamis melalui Disdukcapil dan Kementrian Dalam Negeri.

“Dengan adanya TTE Barcode ini, pengurusan dokumen kependudukan seperti KK, akte kelahiran, dan akte kematian jadi lebih mudah, karena tidak perlu lagi adanya tanda tangan basah dan stempel Dinas,” kata Agus.

Agus menambahkan, apabila dokumen kependudukan yang sudah menggunakan TTE Barcode tersebut ingin menggunakannya ke lembaga pelayanan seperti perbankan itu harus ada aplikasi veryDs yang balai sertifikat elektronik dan Badan Siber Sandi Negara (BSSN).

“Kalau untuk perbankan itu harus ada aplikasinya, agar bisa dicek keabsahan TTE tersebut apakah asli atau palsu,” ucapnya.

Meskipun pengguanaan Tanda Tangan Elektronik (TTE) Barcode ini diberlakukan, namun tetap saja penggunaan tanda tangan basah masih berlaku untuk dokumen kependudukan.

“Tanda tangan biasa juga masih berlaku, jadi walaupun sudah ada TTE tanda tangan basah tetap digunakan,” pungkasnya. (Ferry/Nolduanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here