Dr. Yagus Turun Aksi Bersama Mahasiswa Tolak Pelantikan Rektor Unigal

0
0 views

CIAMIS – Kali ketiganya Ratusan Mahasiswa Universitas Galuh Ciamis yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Pengawal Demokrasi (AMPD) dan Forum Dosen Karyawan Pro Demokrasi (FDK Pro Demokrasi) menggelar aksi terkait Penolakan Pelantikan Rektor Unigal Periode 2018-2022 di halaman Unigal Ciamis.

Dalam aksi tersebut turun langsung memberikan orasi, Dr. Yagus Triana HS. M.Pd Calon rektor Unigal yang berdasarkan hasil sidang senat mendapat suara terbanyak dibanding rivalnya Dr. Yat Rospia. Para mahasiswa serta puluhan dosen membawa keranda mayat serta membakar ban bekas yang menyimpulkan kekecewaanya kepada pihak Yayasan Pendidikan Galuh (YPG) karena dianggap tidak demokratisi denga  melantik rektor yang tidak terpilih dalam pertimbangan rapat senat unigal Ciamis.

“Kami menolak pelantikan rektor Universitas Galuh masa bakti 2018-2022, karena pelantikan tersebut merupakan penodaan terhadap demokrasi,” ujar Ketua AMPD Ahmad Farhanudin dalam orasinya, Rabu (5/7/2018).

Ia mengatakan akan mendukung calon rektor terpilih oleh senat Universitas Galuh untuk menempuh jalur hukum demi tegaknya demokrasi.

“Kami akan membawa kasus ini ke jalur hukum demi tegaknya demokrasi,” ungkapnya.

Sementara itu  Dr. Yagus Triana H.S M.Pd mangungkapkan, Pelantikan Dr. Yat  Rospia oleh YPG, yang berdasarkan mekanisme kalah dalam sidang senat Unigal menunjukan kesewenang wenangan Yayasan, dan mencederai demokrasi di kampus.

“Pemilih Rektor diputuskan  melalui penjaringan Panitia, Rule of the game nya sudah ditentukan. Hasil pertimbangan senat saya mendapat  suara terbanyak. Kelengkapan administrasi sudah dipenuhi,  tapi mengapa YPG malah melantik yang kalah?” ungkap Yagus.

Yagus menilai pelantikan rivalnya yang kalah dalam pertimbangan senat merupakan bentuk penodaan  terhadap demokrasi, apalagi terjadi dalam wilayah akademik, yang seharusnya memberikan pendidikan etika demokrasi dengan baik.

“Demi tegaknya kebenaran dan tegaknya pendidikan demokrasi di Unigal, saya akan menempuh jalur hukum” tegas Yagus. (Feri/Nolduanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here