Dua Menteri Jokowi Resmikan Internet Desa di Tasikmalaya

Kabupaten Tasikmalaya РPeresmian internet Desa dikawasan Panca Mandala (10/12) Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras menjadi moment penting. Pasalnya, peresmian internet desa tersebut dilakukan oleh 2 menteri Jokowi sekaligus.

Kedatangan 2 Menteri tersebut juga meresmikan Desa yang tergabung di Pancamandala menjadi Desa percontohan d Indonesia.

Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum merasa bangga karena beberapa desa yang tergabung dalam Panca Mandala sudah memiliki internet.

” Dunia Hari ini Dunia Globalisasi, dunia Informasi, dan Desa Mandalamekar sudah memiliki itu semua”,ujar Uu.
Uu juga berharap desa lain di Kabupaten Tasikmalaya bisa seperti Desa Mandalamekar.

Menteri Komunikasi dan Informsi, Rudiantara mengatakan, Di Indonesia tersebar hampir 75 ribu desa, namun Desa Mandalamekar berbeda dengan desa lain. Adanya kerjasama yang solid dan persamaan persepsi dengan 5 desa lainnya yang bergabung di dalamnya untuk membangun desa maju dengan memanfaatkan Internet.

” kita harus bersyukur Desa Mandalamekar menjadi skala prioritas program pemerintahan Jokowi” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ( Kemendes PDTT ) Eko Putro Sandjodjo memaparkan, Dana Desa dari Tahun ke Tahun mengalami peningkatan. Di tahun 2017 Pemerintah menyalurkan Dana Desa sebesar Rp. 60 Trilyun.

” Peran serta masyarakat sangat diperlukan untuk mengawasi tata kelola dana desa. Setiap ada Indikator penyelewengan dana desa bisa lapor ke satgas dana desa,” tandas Eko

Salah satu anggota Panca Mandala, Kepala desa Papayan, Undang mengungkapkan, Hari ini Momen yang sangat spesial sekali, Kawasan Panca Mandala kedatangan tamu penting.

” Ini seperti ada energi besar . Panca Mandala ternyata sudah menjadi catatan penting di Kementrian. Kami tidak bermimpi akan kedatangan mentri. Kami hanya berpikiran bekerja dan bekerja, dan menjalankan setiap program Panca Mandala secara bersama- sama”, ungkap Undang.***( Rusdianto/ND)