Dua Menteri Pernah Berkunjung, Jalan Mandalamekar Tetap Memprihatinkan

by -

Jalan Di Desa Mandalamekar kondisinya sangat pemprihatinkan (Foto : Rusdianto Mahadewa)

KabupatenTasikmalaya – Nama Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras lama menjadi perbincangan publik ber skala Nasional. Pamor Mandalamekar semakin dikenal luas, seiring menjulangnya nama Bumdes Pancamandala. Kini  Desa tersebut banyak dikunjungi para pejabat  penting baik dari provinsi maupun pemerintah pusat.

Seperti belum lama ini, kali kedua, Kemendes PDTT ( Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi) dan Kominfo berkunjung ke desa tersebut dalam sebuah acara yang digagas Pancamandala.

Namun Ironis, kendati dikunjungi pejabat papan atas,  sampai saat ini,  jalan Kabupaten yang menghubungkan antar kecamatan yakni, Salopa dan Cikatomas kondisinya masih tetap sama seperti dulu, sangat memprihatinkan.

Dikatakan Kaur Perencanaan, Roni Jatnika, Jalan tersebut sangat vital keberadaannya, disamping penghubung komunikasi dan koordinasi antar Desa juga  penghubung perekonomian warga.

“Dikhawatirkan jika turun hujan, selain rusak karena banyak aspal yang mengelupas, jalan licin bercampur tanah merah. jalan terparah di daerah Cilingga,” ujarnya.

Roni menambahkan, penyebab kerusakan jalan didaerahnya salah satunya tidak adanya drainase dan volume muatan melebihi tonase.

“Jalan ini merupakan jalan pertanian dimana banyak truk pengangkut kayu yang membawa muatan kadang melebihi tonase dan tidak adanya drainase”, ungkapnya beberapa waktu lalu.

Dihubungi terpisah via telepon seluler Sekdes Mandalamekar, Priat Sukmana, mengatakan, sarana infrastruktur jalan yang rusak sepanjang 3 KM yang dimulai dari perbatasan desa Kersagalih, setiap tahun dimasukan ke Musrenbang.

“Sekitar Tahun 2000 pernah di hotmix sepanjang 1 km mulai dari batas Desa Kersagalih sampai Cilingga.Kini kondisinya sangat memprihatinkan, menyisakan sisa aspal yang sudah terkelupas”, paparnya.

Priat juga menambahkan, pada setiap kunjungan pejabat ke desa Mandalamekar, Jalan tersebut selalu dibahas oleh Kepala Desa

“Dari dahulu ketika kunjungan pejabat ke Desa Mandalamekar sarana infrastruktur jalan yang rusak sering diselipkan dalam setiap pidato kepala desa, bahkan Kunjungan Kemendes PDTT kemarin, melalui jalan tersebut”, pungkasnya. ( Rusdianto/nolduanews )