Enam Pelaku Ilegal Loging Diciduk Polres Ciamis

Enam pelaku ilegaloging di Pangandaran kini harus meringkuk di ruang tahanan Mapolres Ciamis. (foto:Rey/NDNews)

CIAMIS-Enam pelaku ilegal loging dari Desa Purbahayu Kecamatan/Kabupaten Pangandaran berhasil diciduk satuan Reserse Kriminila Polres Ciamis. Pelaku diciduk karna kedapatan sedang menebang kayu di kawasan hutan milik KPH Pangandaran.

Menurut Paur Humas Polres Ciamis IPTU Iis Yeni Idaningsih, diamankanya ke enam pelaku tersebut atas dasar laporan masyarakat ke pihak Kepolisian bahwa di lokasi hutan milik Perum Perhutani Petak 50 B Dusun Munggang Gondang ada sekelompok orang yang sedang menebang kayu jati.

“Mendapat laporan tersebut anggota kami langsung menindaklanjuti laporan masyarakat itu dengan mendatangi lokasi,” ujarnya.

Iis mengatakan, saat petugas Polisi tiba dilokasi kejadian pihaknya berhasil menangkap tangan dua orang pelaku yang sedang menebang kayu Jati.

“Dari lapangan kami berhasil menyita gergaji mesin,sepeda motor yang digunakan para pelaku, dan 17 batang kayu jati senilai 58 juta,”ucapnya.

Iis melanjutkan, ketujuh pelaku tersebut berinisial WI, AT, AP, SA,E,H, dan I. Setelah dilakukan pengembangan dari kedua pelaku yang tertangkap akhirnya empat orang pelaku lainnya menyerahkan diri.

“Sebenarnya semuanya ada tujuh orang pelaku namun satu orang lagi masih buron karena saat akan ditangkap berhasil melarikan diri,” ungkapnya.

Atas perbuatannya pelaku diancam hukuman minimal 1 tahun maksimalnya 5 tahun penjara dengan denda 500 juta sampai 2,5 M karena telah melanggar pasal 12 UU RI no 18/2013 tentang pencegahan dan pemberantasan pengrusakan hutan. (Rey/NDnews.com)