Gemakan Gemas TMMD ke 103 Kodim 0613 Ciamis Gandeng Dinas Kesehatan

0
4 views

Ciamis – Untuk lebih menggemakan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) terhadap warga Kec Lumbung Kodim 0613 Ciamis melalui salah satu program TMMD ke 103 menggandeng Dinas Kesehatan Kab Ciamis. Bertempat di Aula Balai Desa Lumbung kegiatan ini diikuti oleh ratusan warga dan Dandim 0613 Ciamis Letkol Inf Reza Nur Patria.

Salah seorang narasumber dari Dinas Kesehatan Yudi Rahman kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana mencegah penyakit menular dan tidak menular.

“Salah satu upaya pencegahannya dengan menerapkan pola hidup sehat. Misalnya pola makan yang sehat, berolahraga secara teratur dan memberikan imunisasi kepada balita sesuai dengan aturannya,” ucapnya.

Dikatakan Yudi Germas bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan sederhana di lingkungan sekitar.

“Kita bisa mulai dari hal – hal terkecil dan bisa dilakukab di lingkungan sekitar misalnya dengan mengkonsumsi buah dan sayur juga rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari,” paparnya.

Kata dia program Germas selain fokus pada pencegahan penyakit menular juga dalam upaya peningkatan cakupan dan muti imunisasi.

“Setiap balita dan anak usia SD, SMP wajib diimunisasi. Ini salah satu upaya untuk mencegah penyakit difteri, campak atau polio,” tegasnya.

Terakhir Yudi mengajak masyarakat agar tetap mengingat slogan lebih baik mencegah daripada mengobati.

“Kita ingatkan ke warga slogan itu harua terus diingat dengan melaksanakan hal – hal positif tadi,” pungkasnya. (AY/NDNews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here