Geruduk Bawaslu Ciamis, AMS Tuntut Komisioner Mundur

0
123 views

CIAMIS- Putusan vonis kepada Caleg PKS Azmi Zaidan Nasrulloh, berbuntut. Ratusan demonstran memenuhi ruas jalan di depan gedung Bawaslu Kabupaten Ciamis Jl Ir H. Juanda untuk menyampaikan tuntutan agar komisioner Bawaslu mundur dari jabatannya, Senin (13/5/2019).

Hal ini terutama yang berkaitan dengan vonis bersalah yang diterima salah satu Caleg PKS Azmi Zaidan Nasrulloh. Saat demo tersebut, Sekjen AMS Distrik Ciamis sekaligus koordinator aksi A Uef Nurwanda naik ke atas mobil komando untuk memberi tahu massa terkait aksi mereka.

Ia mengatakan bahwa vonis yang diterima Azmi dirasa mengganggu rasa keadilan masyarakat. Dimana banyak kasus yang serupa bahkan lebih berat berupa pelanggaran money politik oleh pengadilan hanya dihukum dengan hukuman percobaan.

“Kita tahu Azmi hanya diduga melanggar karena kampanye di tempat pendidikan yang pada saat yang sama di tempat tersebut digunakan sebagai Posyandu sejak 2011. Dengan vonis 4 bulan penjara ini jelas sangat merugikan, setuju ?” kata Uef yang disambut teriakan setuju oleh para demonstran.

Dengan pendeskriminasian ini Uef bersama Aliansi Masyarakat Peduli Pemilu Ciamis yang terdiri dari Ghibas Ciamis, Gema Keadilan dan Brigez Ciamis menyatakan tuntutan selain menuntut mundur komisioner Bawaslu juga memohon pengadilan tinggi untuk menerima memori banding Azmi dan membebaskan hukuman penjara 4 bulan menjadi hukuman percobaan.

“Bawaslu dinilai tidak profesional hanya ingin dapat point dari Bawaslu propinsi saja sementara banyak pelanggaran lain yang tidak terangkat,” ujar Uef.

Dikatakan Uef kalau sampai tuntutannya tidak dipenuhi maka pihaknya akan lapor ke DKPP sebagai langkah berikutnya.

“Kita akan lapor ke DKPP kalau tuntutan tidak dipenuhi, dan bahkan kita juga akan melakukan aksi berikutnya yang lebih besar,” tegasnya.

Saat massa menggeruduk ke Bawaslu, komisioner Bawaslu tidak sedang berada di tempat. Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala kesekretariatan Bawaslu Tigin Ary Ginanjar.

“Ketua Bawaslun dan semua Komisioner sedang ada acara ke luar kota. Peryataan sikap ini akan saya sampaikan setelah nanti dia pulang dari Bandung,” pungkasnya. (Ayu/Nolduanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here