H Herdiat : Pemkab Harus Memiliki Keberpihakan Kepada Masyarakat

H Herdiat menghadiri acara Halaqah penggerak pemberdayaan masyarakat berbasis majelis. (Foto:Syah/NDNews)
CIAMIS  – Pemerintah Daerah harus memiliki keberpihakan  kepada masyarakat. Hal tersebut  d disampaikan Sekretaris daerah kabupaten Cianis, H. Herdiat saat bersilaturrahim dengan masyarakat kecamatan Cihaurbeuti di Aula Desa Sumberjaya, Kamis (20/07).
Bentuk keberpihakan pemerintah daerah kata Herdiat, harus diwujudkan dalam bentuk program yang menyentuh kebutuhan vital masyarakat.
Dicontohkan dia, APBD kabupaten Pangandaran yang baru berdiri 5 tahun mencapai Rp. 1,8 Trilyun. lebih kecil jika dibandingkan dengan kabupaten Ciamis yang mencapai RP. 2.4 Trilyun, Namun secara umum anggaran tersebut terserap pada program yang memiliki  keberpihakan kepada masyarakat banyak. 
“Di Pangandaran saat ini Beras Rasta sudah gratis, biaya pendidikan dari mulai SD, SMP dan SMA sudah gratis. Biaya kesehatan pun demikian” kata Herdiat.
Ditambahkan Herdiat, masyarakat di Pangandaran  jika sakit bebas menentukan sendiri dimana dia dirawat, karena memang biaya perawatan bagi masyarakatnya sudah gratis.
‘Ini sesungguhnya yang disebut dengan keberpihakan Pemda terhadap masyarakat” tegasnya.
Menyinggung soal pembangunan infrastruktur, kata dia itu sudah merupakan kewajiban pemerintah daerah. anggarannya sudah dipastikan oleh pemerintah daerah yang dibahas dengan DPRD.  
“Jadi, Pembangunan jalan,  jembatan, irigasi  . tidak bisa ditujukan kepada perseorangan,  misalnya bilang Hatur nuhun pa Sekda jalan tos di hotmix, Itu salah ‘  katanya 
Acara silaturrahmi dalam rangka Halaqah Penggerak pemberdayaan masyarakat berbasis Majelis bersama  anggota DPRD kabupaten Ciamis, Asep Dian Permana Yudha, juga dihadiri ketua DPRD kabupaten Ciamis, Nanang Permana dan ketua pimpinan ponpes Miftahul Ulum Bangunsirna Ciamis, KH. Arief Ismail Chowas. (Aep/Nolduanews.com)