Harga Telur Ayam di Ciamis Capai Rp 28 Ribu

0
1 views
telur ayam

CIAMIS – Harga telur ayam di Pasar Manis Ciamis  mencapai Rp 28 ribu. Padahal dua minggu sebelumnya harga telur ayam berkisar Rp 22 Ribu sampai Rp 23 Ribu per kilogram.

Kenaikan harga telur ayam saat ini merupakan paling tinggi yang pernah dialami pedagang telur di Ciamis, disaat hari raya idul fitri kenaikan hanya sampai Rp 22 ribu dari Rp 18 ribu.

“Sekarang harga telur ayam memang paling tinggi yang pernah saya alami, biasanya tidak sampai Rp 28 ribu, ini bisa dikatakan harga kaget,” ujar Dodi Saluyu pedagang telur ayam di Pasar Manis Ciamis saat ditemui, Selasa (24/7).

Dodi mengatakan, kenaikan harga telur ini menurut informasi dari para peternak, karena mahalnya harga pakan, karena dipengaruhi oleh nilai dolar yang saat ini melambung tinggi.

“Alasan naiknya harga telur ayam juga dipengaruhi oleh telur ayam dari Jawa masuk ke Jabodetabek, sehingga telur menjadi mahal. Meski Ciamis merupakan sentra telur ayam, namun patokan harga tetap dari Jawa,” katanya.

Menurut Dodi, kenaikan harga telur ayam kali ini membuat banyak peternak yang mengeluh, dikarenakan produksi menurun, dan omset juga ikut menurun.

“Tingginya harga telur di Ciamis membuat omset kami mengalami penurunan hingga 50 persen, biasanya dalam sehari saya menjual sampai 4 peti, namun saat ini hanya 2 peti saja,” tuturnya.

Dodi berharap, harga telur ayam di Ciamis kembali turun, agar omsetnya kembali naik lagi, dirinya meminta kepada Pemerintah melalui intansi terkait agar menindaklanjuti permasalahan saat ini.

“Mudah-mudahan minggu ini harga telur bisa turun, kalau informasi itu sudah ada, tapi untuk sekarang harga masih tetap Rp 28 ribu per kilo,” pungkasnya.(Ferry/Nolduanews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here