Hari Jadi Ciamis ke 377, Warga Serbu Jajanan Gratis

0
14 views

Ciamis – Kegiatan promosi produksi pedagang kaki lima atau jajanan gratis merupakan salah satu moment yang dinanti oleh warga Ciamis. Meskipun harus antri dan berdesak – desakan ribuan warga dengan sabar menunggu dibukanya stand – stand makanan yang bisa dibeli dengan hanya menukarkan kupon.

Seperti halnya di Hari Jadi Ciamis yang ke 377, sejak pagi ratusan warga sudah berkumpul dan berdesakan untuk bisa menikmati jajanan gratis dibelakang kantor DPRD Ciamis, Rabu (12/6/2019).

Setelah selesai rapat paripurna sekitar pukul 11.00 WIB, kegaitan promosi produksi pedagang kaki lima atau jajanan gratis dibuka oleh Bupati Ciamis Herdiat. Ribuan warga yang telah menunggu sejak pagi langsung diberi 5 kupon oleh panitia, yang nantinya ditukarkan dengan 1 jajanan setiap 1 kupon.

Dalam sambutannya Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kebersamaan Pemkab Ciamis dengan seluruh masyarakat.

“Bagi yang sudah mendapatkan kupon silakan untuk menukarkannya dengan jajanan yang ada, namun mohon tertib dan tidak terburu – buru agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diharapkan,” tegasnya.

Acara jajan gratis ini digelar oleh Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Ciamis. Jajan gratis yang disajikan sebanyak 6.880 porsi dari beraneka kuliner khas Ciamis dari 141 PKL dari beberapa titik di perkotaan Ciamis. Berbagai jenis kuliner yang disuguhkan antara lain pisang aroma, getuk, molen, cakue, cimol, bubur sumsum,serabi manis, rakicak, kolek, batagor hingga beraneka macam minuman.

Tujuan jajanan gratis ini dalam rangka hari jadi Ciamis ke 377, sebagai bentuk perhatian pemerintah untuk memberdayakan para PKL di Ciamis. Sekaligus berbagi dengan masyarakat supaya bisa ikut merasakan kebahagiaan di hari jadi.

Seorang Pedagang Surabi manis, Tati Hartati, mengaku senang setiap hari jadi ia dilibatkan dalam jajanan gratis. Untuk kali ini ia hanya membawa 40 porsi surabi manis, karena sesuai ditentukan oleh panitia.

“Alhamdilillah diajak lagi di acara jajan gratis di hari jadi Ciamis. Harapannya Ciamis ke depan semakin maju semakin baik, ekonomi semakin baik dan sejahtera,” ucapnya.

Sementara, seorang warga, Atiek, mengatakan setiap tahun kegiatan jajanan gratis selalu ditunggu-tunggu. Meski yang didapat dari jajanan gratis ini hanya beberapa aneka jenis makanan saja namun ia mengaku senang.

“Senang saja bisa mendapatkan jajanan gratis, meskipun tahun ini harus menunggu beberapa jam tapi akhirnya bisa bawa pulang jajanan ini,” ungkapnya.

Kasi Distribusi Barang dan Perlindungan Konsumen Dini Kusliani mengatakan dengan jajanan gratis ini sebagai upaya dalam memberdayakan para PKL sebagai binaan dari Dinas Perdagangan.

“Animo masyarakat sangat baik ikut serta di jajan gratis ini. Untuk jumlah jajanan dan PKL yang dilibatkan masih tetap seperti tahun sebelumnya. Mudah-mudahan kedepan bisa lebih banyak lagi PKL yang dilibatkan,” pungkas Dini. (Ayu/nolduanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here