Hasil Survei Terbaru: Herdiat-Yana Unggul, Warga Ciamis Ingin Bupati Baru

0
0 views

CIAMIS: Elektabilitas pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Ciamis nomor urut 1, Herdiat Sunarya-Yana D Putra menggungguli pasangan Iing Syam Arifien-Oih Burhanudin dari hasil survei SIGGI Grup Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Naiknya Elektabilitas Herdiat-Yana karena mayoritas warga Ciamis menginginkan bupati baru.

Peneliti SIGI Lingkaran Survei Indonesia Fadli Fahri Fauzan mengatakan, survei ini diambil melalui tatap muka kepada 440 responden pada 3-7 Mei 2018 . Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan margin of error sebesar 4,8 persen.

“Kami telah menyelesaikan analisa survei Pilkada Kabupaten Ciamis, hasilnya cukup mengejutkan pasangan Herdiat-Yana mengalahkan incumbent,” kata Fadli saat konfrensi Pers di RM Samudera Jalan Jenderal Sudirman.

Hasil dari survei tersebut, elektabilitas pasangan Herdiat Yana mencapai 52,3 % dan Iing-Oih 35,7 % sedangkan yang belum memutuskan pilihannya sebanyak 12,0 %.

Naiknya popularitas dan elektabilitas Herdiat Yana karena pasangan ini diyakini bakal bisa menyelesaikan permasalahan Ciamis seperti lapangan pekerjaan dan infrastruktur Ciamis yang rusak parah.

“Sebenarnya popularitas pasangan Iing Syam Arifin-Oih Burhanudin paling tinggi tapi tingkat kesukaan warga Ciamis banyak ke pasangan Herdiat-Yana,” katanya.

Mengenai keakuratan survei tersebut, Fadli mengatakan hal itu banyak ditanyakan sejumlah kalangan. Bahkan ada yang menanggapinya miring, masa warga Ciamis yang ratusan juta yang disurvei hanya 440 responden.

“Fakta sudah membuktikan bahwa lembaga kami selalu akurat dalam melakukan survei, ini karena ilmu pengetahuan. Maksudnya meski tak semua warga Ciamis tak disurvei tapi 440 responden itu sudah menggambarkan kekuatan pilkada Ciamis siapa yang unggul,” katanya. (Feri/nolduanews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here